Thursday, 12 December 2019

Pengenalan Termodinamika

Pengenalan Termodinamika



Termodinamika secara bahasa, ilmu yang mempelajari energi dan perpindahan panas. Jika kita tertarik pada bagaimana perpindahan panas diubah menjadi melakukan pekerjaan atau energi gerak, maka efisiensi distribusi dan transmisi energi menjadi sebuah prinsip energi menjadi penting. Dan Hukum termodinamika pertama menerapkan efisiensi prinsip energi.




Termodinamika prinsip energi pada satu sistem adalah perpindahan panas untuk melakukan pekerjaan. Metode ini adalah metode mentransfer energi ke dalam dan ke luar sistem. Hukum pertama termodinamika menyatakan bahwa perubahan energi internal suatu sistem sama dengan perpindahan panas netto ke dalam sistem, dikurangi kerja bersih yang dilakukan oleh sistem.


Dalam bentuk rumus persamaan hukum termodinamika pertama adalah :


ΔU = Q − W


Keterangan:



ΔU adalah perubahan energi internal U dari sistem.
Q adalah panas total yang ditransfer ke dalam sistem — yaitu, Q adalah jumlah dari semua perpindahan panas ke dalam dan keluar dari sistem.
W adalah pekerjaan bersih yang dilakukan oleh sistem — yaitu, W adalah jumlah dari semua pekerjaan yang dilakukan pada atau oleh sistem.


Berdasarkan ujicoba disini kami menggunakan konvensi untuk mudah diingat, yaitu sebagai berikut:


jika Q positif, maka ada transfer panas bersih ke sistem. jika W positif, maka ada kerja bersih yang dilakukan oleh sistem.

Jadi Q positif menambah energi ke sistem dan W positif mengambil energi dari sistem.



Pada rumus ΔU = Q - W. Dapat juga dibuat menjadi E = Q - W. Dan masing - masing satuannya dalam Joule atau m²kg/s². Karena setiap pergerakan atau usaha mengeluarkan energi atau panas, maka dalam rumusan tersebut selalu dikaitkan kalor, yaitu energi atau kalori yang dikeluarkan dari hasil perpindahan. Dan rumusan baku untuk satuan konversi kalori ke Joule adalah :


1 kalori = 4184 Joule



Perhatikan juga bahwa jika terjadi lebih banyak perpindahan panas ke sistem daripada pekerjaan atau usaha yang dilakukan, maka selisih atau perbedaannya disimpan sebagai energi internal. Contohnya : Mesin energi panas seperti ketel teh mendidih, mewakili energi yang bergerak. Air dalam ketel berubah menjadi uap air karena panas dipindahkan dari kompor ke ketel. Saat seluruh sistem semakin panas, pekerjaan dilakukan — mulai dari penguapan air hingga bunyi siulan.



Q Panas dan W Kerja



Perpindahan panas (Q) dan melakukan pekerjaan (W) adalah dua cara sehari-hari untuk membawa energi ke dalam atau mengeluarkan energi dari suatu sistem. Prosesnya sangat berbeda. Pada perpindahan panas (Q), proses yang kurang terorganisir, karena didorong oleh perbedaan suhu. Sedangkan Pekerjaan (W), proses yang cukup terorganisir, karena melibatkan kekuatan makroskopis yang diberikan melalui jarak.


Meskipun demikian, panas dan kerja dapat menghasilkan hasil yang identik. Misalnya, keduanya dapat menyebabkan peningkatan suhu. Perpindahan panas ke dalam suatu sistem, seperti ketika Matahari menghangatkan udara di ban sepeda, dapat meningkatkan suhunya, dan dengan demikian dapat dilakukan pada sistem, seperti ketika pengendara sepeda memompakan udara ke dalam ban. Setelah kenaikan suhu terjadi, tidak mungkin untuk mengetahui apakah itu disebabkan oleh perpindahan panas atau dengan melakukan pekerjaan. Ketidakpastian ini merupakan poin penting. Perpindahan panas dan kerja merupakan energi dalam proses kerja tidak ada yang disimpan dalam sistem. Namun, keduanya dapat mengubah energi internal suatu sistem. Energi internal adalah bentuk energi yang sepenuhnya berbeda dari panas atau kerja.



Energi Internal U



Kita dapat memikirkan energi internal suatu sistem dengan dua cara berbeda namun tetap konsisten. Yang pertama adalah pandangan atom dan molekuler, yang meneliti sistem pada skala atom dan molekuler.


Energi internal suatu sistem adalah jumlah energi kinetik dan potensial dari atom dan molekulnya. Ingatlah bahwa energi kinetik plus potensial disebut energi mekanik.




Jadi energi internal adalah jumlah energi mekanik atom dan molekul. Karena tidak mungkin untuk melacak semua atom dan molekul individu, kita harus berurusan dengan rata-rata dan distribusi perpindahannya.


Cara kedua untuk melihat energi internal suatu sistem adalah dari segi karakteristik makroskopiknya, yang sangat mirip dengan nilai rata-rata atom dan molekul.


Banyak percobaan terperinci telah memverifikasi bahwa ΔU = Q - W, di mana ΔU adalah perubahan total energi kinetik dan potensial dari semua atom dan molekul dalam suatu sistem. Juga telah ditentukan secara eksperimental bahwa energi internal suatu sistem hanya bergantung pada keadaan sistem dan bukan pada bagaimana ia mencapai keadaan itu.


Lebih khusus, U ditemukan sebagai fungsi dari beberapa jumlah makroskopis (tekanan, volume, dan suhu, misalnya), independen dari sejarah masa lalu seperti apakah telah terjadi perpindahan panas atau pekerjaan yang dilakukan. Kemandirian ini berarti bahwa jika kita mengetahui keadaan suatu sistem, kita dapat menghitung perubahan energi internal U dari beberapa variabel makroskopis.


Untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana memikirkan energi internal suatu sistem, mari kita periksa sistem yang beralih dari Negara 1 ke Negara 2. Sistem ini memiliki energi internal U1 di Negara 1, dan ia memiliki energi internal U2 di Negara 2, tidak peduli bagaimana keadaannya menjadi baik. Jadi perubahan energi internal dapat dirumuskan menjadi


ΔU = U2 - U1



Rumusan tersebut tidak tergantung pada apa yang menyebabkan perubahan. Dengan kata lain, ΔU tidak tergantung pada path. Yang kami maksud adalah metode mendapatkan dari titik awal ke titik akhir. Mengapa ketidakketergantungan atau indepensi ini penting?


Perhatikan bahwa ΔU = Q - W. Baik Q dan W ada pada path, tetapi ΔU tidak. Independensi jalur ini berarti bahwa energi internal U lebih mudah untuk ditentukan jumlahnya daripada perpindahan panas atau pekerjaan yang dilakukan.



Ringkasan



Hukum pertama termodinamika diberikan sebagai
ΔU = Q - W
di mana ΔU adalah perubahan energi internal suatu sistem, Q adalah perpindahan panas netto (jumlah semua perpindahan panas ke dalam dan keluar dari sistem), dan W adalah pekerjaan bersih yang dilakukan (jumlah semua pekerjaan yang dilakukan pada atau oleh sistem).
Baik Q dan W adalah energi dalam perjalanan;
hanya ΔU yang mewakili jumlah independen yang dapat disimpan. Energi internal suatu sistem hanya bergantung pada keadaan sistem dan bukan pada bagaimana ia mencapai keadaan itu.

Metabolisme organisme hidup, dan fotosintesis tanaman, adalah jenis khusus perpindahan panas, melakukan pekerjaan, dan energi internal sistem.


Tabel 1. Ringkasan Ketentuan untuk Hukum Termodinamika Pertama



ΔU = Q - W
Term Definition
U Energi internal — jumlah energi kinetik dan potensial dari atom dan molekul sistem. Dapat dibagi menjadi banyak sub kategori, seperti energi termal dan kimia. Bergantung hanya pada keadaan sistem (seperti P, V, dan T), bukan pada bagaimana energi masuk ke sistem.

Perubahan energi internal adalah jalur yang independen. Q Panas — energi yang ditransfer karena perbedaan suhu. Ditandai dengan gerakan molekul acak. Sangat tergantung pada jalur. Qentering suatu sistem adalah positif. Kerja — energi yang ditransfer oleh suatu kekuatan yang bergerak melalui suatu jarak. Proses yang teratur dan teratur. Ketergantungan jalan. W dilakukan oleh suatu sistem (baik melawan kekuatan eksternal atau untuk meningkatkan volume sistem) adalah positif.






Latihan Soal



  1. Berapa perubahan energi internal mobil jika Anda memasukkan 12,0 gal bensin ke dalam tangki? Kandungan energi bensin adalah 1,3 × 108 J / gal. Semua faktor lain, seperti suhu mobil, konstan?


  2. Berapa banyak perpindahan panas yang terjadi dari suatu sistem, jika energi internalnya turun 150 J ketika sedang melakukan 30,0 J pekerjaan?


  3. Suatu sistem bekerja 1,80 × 108 J sementara transfer panas 7.50 × 108J terjadi pada lingkungan. Berapa perubahan energi internal sistem dengan asumsi tidak ada perubahan lain (seperti suhu atau penambahan bahan bakar)?


  4. Berapa perubahan energi internal suatu sistem yang bekerja 4,50 × 105J sementara transfer panas 3,00 × 106 J terjadi ke dalam sistem, dan perpindahan panas 8,00 × 106J terjadi pada lingkungan?


  5. Misalkan seorang wanita melakukan pekerjaan 500 J dan transfer panas 9500 J terjadi dalam proses suhu ruangan.

    (a) Berapa penurunan energi internalnya, dengan asumsi tidak ada perubahan suhu atau konsumsi makanan?
    (Yaitu, tidak ada transfer energi lain.)

    (B) Berapa efisiensinya?


  6. Berapa banyak energi makanan yang akan dimetabolisme manusia dalam proses melakukan 35,0 kJ kerja dengan efisiensi 5,00%?


  7. Berapa banyak perpindahan panas yang terjadi pada lingkungan untuk menjaga suhunya konstan?


  8. (a) Berapa tingkat metabolisme rata-rata dalam watt seseorang yang memetabolisme 10.500 kJ energi makanan dalam satu hari?

    (b) Berapakah jumlah maksimum pekerjaan dalam joule yang dapat ia lakukan tanpa memecah lemak, dengan asumsi efisiensi maksimum 20,0%?

    (c) Bandingkan output karyanya dengan output harian motor 187-W (0,250-tenaga kuda).

  9. Berapa lama energi dalam secangkir yogurt 1470-kJ (350-kkal) bertahan pada seorang wanita yang melakukan pekerjaan pada kecepatan 150 W dengan efisiensi 20,0% (seperti dalam menaiki tangga santai)?


  10. Seorang wanita yang akan mendaki gunung makan dengan energi makanan 6,00 × 102 kJ. Jika efisiensinya 18,0%, berapa banyak perpindahan panas yang terjadi pada lingkungan untuk menjaga temperaturnya konstan?




Penulis:


Ahmad Hanafiah
CEO CTES











Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:
Ahmad Hanafiah
CEO CTES


DMCA.com Protection Status

Wednesday, 11 December 2019

Pengenalan Kimia Analisis

Pengenalan Kimia Analisis



Kimia Analisis adalah pengamatan, pemeriksaan satu objek atau sample secara kimia. Sedangkan Ilmunya, Ilmu Kimia Analisis adalah cabang Ilmu kimia untuk mengetahui kadar, struktur, komposisi sebuah sample / objek / analat menggunakan bahan kimia yang dilakukan dengan cara pengamatan, pengujian dan pengukuran dengan berbagai proses metode, yaitu metode pemisahan , pengujian identifikasi dan kuantifikasi.





1. Zat Kimia



Dalam ilmu kimia analisis, proses analisa satu zat kimia melalui reaksi kimia dengan zat kimia lainnya. Zat kimia berdasarkan komposisi pembentukan zat tersebut, dialam dibagi kedalam dua kelompk besar, yaitu zat tungal ( atom atau molekul ) dan zat campuran ( senyawa dan campuran). Dan berdasarkan partikel penyusunnya, dibagi kedalam tiga klasifikasi, yaitu unsur, senyawa dan campuran.


  1. Unsur

    Disebut juga sebagai zat tunggal, unsur adalah materi paling kecil yang tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih kecil. Unsur memiliki sifat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

    Partikel penyusun unsur adalah atom-atom yang sejenis. Misalnya, unsur hidrogen hanya tersusun atas atom hidrogen saja. Demikian pula dengan unsur karbon, hanya tersusun atas atom karbon saja.

    Di alam ini, terdapat 94 unsur yang bisa ditemukan secara alami. Sedangkan selebihnya adalah unsur yang dibuat atau disintesis oleh manusia. Jumlah total unsur yang diketahui hingga saat ini adalah 118 unsur.

    Unsur dapat dikategorikan menjadi 3 macam, yakni unsur logam, unsur non-logam, serta unsur semi logam (metaloid). Contoh unsur logam adalah besi (Fe), tembaga (Cu), seng (Zn), emas (Au), dan platina (Pt). Contoh unsur non-logam antara lain adalah hidrogen (H), karbon (C), oksigen (O), Brom (Br), dan iodium (I). Sedangkan contoh unsur metaloid adalah silikon (Si) dan Germanium (Ge).


  2. Senyawa

    Senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih yang terbentuk melalui reaksi kimia. Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa bisa dipisahkan ke unsur-unsur yang membentuk senyawa tersebut. Komposisi jumlah atom masing-masing unsur pembentuk dalam suatu senyawa dinotasikan dalam bentuk rumus kimia senyawa.

    Contoh perbedaan sifat unsur penyusun dengan senyawa adalah garam (NaCl). Natrium (Na) adalah unsur logam yang berwarna putih keperakan, berwujud logam lunak, dan sangat reaktif. Sedangkan klor (Cl) adalah unsur halogen berwujud gas berwarna kuning hijau pada suhu kamar. Klor dalam konsentrasi tinggi bisa beracun bagi semua makhluk hidup, dan pernah digunakan sebagai senjata kimia dalam Perang Dunia I. Akan tetapi senyawa NaCl, adalah garam yang setiap hari dikonsumsi oleh manusia.

    Senyawa tersusun atas komposisi atom unsur pembentuknya. Misalnya air atau , terbentuk dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen sehingga membentuk molekul air. Senyawa termasuk zat tunggal, sedangkan komposisi massa unsur-unsur penyusunnya bersifat tetap. Terdapat kurang lebih 10 juta senyawa di alam. Salah satu senyawa yang jumlahnya paling banyak di bumi adalah air.


  3. Campuran

    Campuran adalah kombinasi beberapa unsur atau senyawa yang tidak saling bereaksi sehingga tidak membentuk zat yang baru. Atau bisa diartikan tidak terjadi reaksi kimia dalam terbentuknya campuran. Bisa diartikan juga bahwa campuran masih membawa sifat masing-masing materi yang menyusunnya.

    Terdapat 2 macam campuran yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

    1. Campuran homogen

      adalah campuran yang partikel-partikel penyusunnya tidak dapat dibedakan lagi. Contohnya adalah larutan gula atau larutan garam. Gula atau garam tidak bereaksi dengan air yang menjadi pelarutnya, tetapi sekadar bercampur. Ketika sudah bercampur, tidak bisa dibedakan lagi mana garam dan mana air, atau gula dan airnya.


    2. Campuran heterogen

      adalah kombinasi dua macamm zat atau lebih yang masing-masingnya masih dapat dibedakan satu dengan yang lain. Contohnya adalah air laut, lumpur, adonan roti, adonan cor beton, air sungai, dan sebagainya.


2. Tahapan Pemeriksaan



Dan dalam analisa kimia, ketika mengumpulkan sekelompok benda/sample/analat berdasarkan sifatnya, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :


-Mengamati karakteristik zat tersebut
-Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing - masing
-memasukkan zat yg memiliki persamaan sifat ke dalam satu kelompok
-memberi nama yang sesuai pada tiap kelompok zat tersebut.





Tahapan pemeriksaan / analisa dalam kimia analisis


  1. Sampling
  2. Persiapan sampling ( sample preparation )
  3. Pengukuran ( pengamatan dan pengujian skala laboratorium )
  4. Perhitungan dan interprestasi data


3. Pengujian Data Analisa



Dalam kimia analisis, pemeriksaan analisa kimia untuk mengetahui hasil data sample dibagi kedalam dua metode anlaisa:


  1. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendapatkan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel.


  2. Analisis kuantitatif menentukan jumlah komponen tertentu dalam suatu zat.


4. Tujuan dan Fungsi



Tujuan dilakukan kimia analisis adalah untuk mengetahui keberadaan materi / zat dalam sample


Fungsi Kimia Analisis:


  1. Untuk menguji sampel zat.
  2. Untuk mengukur penyerapan cahaya dari substansi.
  3. Mengukur penyerapan dan bentuk emisi lain dari radiasi elektromagnetik.
  4. Untuk mengamati bagaimana sampel merespon sinyal-sinyal listrik.
  5. Untuk mengidentifikasi senyawa dengan mengukur massa ( jumlah materi ) dari bagian-bagian yang berbeda dari molekul


5. Metode Analisa



  1. Analisa Kualitatif

    Analisa kualitatif yaitu dapat menentukan ada atau tidaknya sebuah senyawa, namun tidak massa atau juga konsentrasinya. Analisa kualitatif tersebut tidak menghitung jumlah.


  2.  
  3. Analisa Gravimetri

    Analisa gravimetrik yaitu yang bisa menentukan massa dari suatu analit dengan menimbang sebuah sampel sebelum dan/atau setelah mengalami beberapa kali perubahan.
  4.  



  5. Analisa Volumetri

    Pada titrasi tersebut terdapat penambahan reaktan ke dalam larutan yang sedang dianalisa sampai titik ekivalen tercapai.

    Jenis yang paling umum ialah titrasi analat asam - basa yang menggunakan berbagai macam indikator yang menunjukkan perubahan warna.

    Terdapat beberapa macam titrasi, misalnya pada titrasi potensiometri. Tipe indikator yang digunakan tersebut berbeda-beda untuk dapat tercapainya titik ekivalen.


  6. Kromatografi

    Kromatografi ialah salah satu teknik untuk memisahkan campuran menjadi komponennya dengan bantuan perbedaan sifat fisik masing-masing komponen. Alat yang digunakan terdiri atas kolom yang di dalamnya diisikan fasa stasioner ( padatan atau cairan ).


  7. Spektrofotometri

    Spektrofotometri yakni salah satu metode dalam kimia analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel baik secara kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada interaksi antara materi dengan cahaya. Peralatan yang digunakan dalam spektrofotometri disebut spektrofotometer.


  8.  
  9. Thermal

    Analisis termal dalam pengertian luas adalah pengukuran sifat kimia fisika bahan sebagai fungsi suhu. Penetapan dengan metode ini dapat memberikan informasi pada kesempurnaan kristal, polimorfisma, titik lebur, sublimasi, transisi kaca, dedrasi, penguapan, pirolisis, interaksi padat-padat dan kemurnian.




Penulis:


Ahmad Hanafiah
CEO CTES








Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Tuesday, 10 December 2019

Seberapa Pentingkah Tes IQ

Seberapa Pentingkah Tes IQ



Apa itu IQ?


IQ adalah singkatan dari Intelligence quotient (IQ) adalah ukuran terkait usia kecerdasan dan didefinisikan sebagai 100 kali usia mental. Dan kata ‘quotient’ berarti hasil membagi satu kuantitas oleh yang lain, dan kecerdasan dapat didefinisikan sebagai kemampuan mental atau kecepatan pikiran.



Lalu apa hubungannya dengan itu Tes IQ?


Tes IQ disebut juga dengan tes kecerdasan, yang didefinisikan sebagai berikut, yaitu tes dengan berbagai model dengan tujuan untuk mengukur kecerdasan. Secara umum materi dalam tes terdiri dari seri bertingkat tugas, masing-masing yang telah distandarisasi menurut metode penilaian dengan menggunakan nilai terbesar dengan representatif populasi individu. Dalam prosedurnya menetapkan IQ rata-rata sebagai 100. Dalam kesadaran umum dipercaya bahwa peringkat IQ seseorang adalah turun temurun dan tingkat perkembangan usia mental seseorang akan tetap konstan hingga sekitar usia 13 tahun, kemudian setelah itu melambat. Dan di atas usia 18 tahun tidak ada perbaikan yang ditemukan.


Atas dasar itu sering ditemukan kegiatan test IQ yang sasaranya anak - anak. Tes IQ anak - anak merupakan tes yang mengukur IQ anak yang distandarisasi dengan skor nilai. Dan skor rata-rata direkam untuk setiap kelompok umur. perhitungan penilaiannya sebagai contoh pada anak usia 10 tahun yang nilai hasilnya diharapkan pada usia anak 12 akan memiliki IQ 120,maka perhitungannya sebagai berikut:


Rumusannya adalah :


=( mental umur / usia kronologis ) x 100


= (12/10) 100 = 120


Dan dalam perjalanannnya Selama 25-30 tahun terakhir pengujian IQ juga telah digunakan secara luas oleh Perusahaan dalam rekruitment karyawan baru, hal ini karena kebutuhan mereka untuk memastikan bahwa mereka menempatkan orang yang tepat sejak awal. Salah satu alasan utama untuk ini di dunia semakin ketat persaingan bisnis saat ini, perlu bagi Perusahaan melakukan perampingan biaya. Dan dilakukan oleh Perusahaan dengan pemotongan biaya. Dan anggaran yang rendah adalah biaya kesalahan yang tinggi dalam menggunakan yang salah orang untuk suatu pekerjaan, termasuk biaya membaca ulang dan mewawancarai pelamar baru dan investasi kembali dalam pelatihan.


Lalu bagaiman bagi pelamar kerja agar kemampuan IQ-nya dapat tembus dalam tes IQ yang dilakukan Perusahaan?


Karena IQ adalah keturunan, tidak mungkin untuk meningkatkan IQ Anda. Meskipun demikian, yang mungkin bisa dilakukan adalah meningkatkan kinerja Anda dalam tes IQ dengan mempraktikkan berbagai jenis pertanyaan dan dengan belajar mengenali tema yang berulang, dengan kata lain sering latian soal tes IQ. Dan Anda dapat mengikuti berbagai tes IQ yang diselenggarakan oleh praktisi untuk membantu mengukur tingkat pencapaian aktual darites IQ Anda.


Jadi seberapa pentingkah tes IQ?


Dari uraian diatas, tes IQ dapat dikatakan cukup penting bagi Anda yang akan memasuki dunia kerja, bahkan masuk perguruan tinggi pun sekarang dimasukkan sebagai bagian dari tes seleksi mahasiswa baru.


Dan kami siap melayani Anda untuk melakukan pengujian level IQ, anda dapat mengunjungi situs kami untuk melakukan kontak pesan, di https://www.elog-bimbel.id


Semoga bermanfaat









DMCA.com Protection Status

Thursday, 24 October 2019

Tes Kuis B. Inggris Intermediate Level

Tes Kuis B. Inggris Intermediate Level


Tes Kuis B. Inggris Intermediate Level

1.  A ...... is a person who lives in a foreign country.

Expatriate
Executor


2.  I didn't understand at first, but then....... and the answer was clear.

he explained it me
he explained it to me



3. You can exchange the gift ........ it is returned within seven days. 

as long as
while



4. He used to be married to an actress, ....  

didn't he?
wasn't he?


5.  I blame the Government ......... the increase in crime. 

about
for


6.  A ...... is a person who deliberately damages public or private property

delinquent
vandal


7. A ...... is a person who enters and lives in an unoccupied building.

squatter
stalwart


8. A ...... is a person who is very rich and powerful, especially in industry.

tyrant
magnate



9. She talks to me, ......friends

as if we were
as if we was


10. You should stop smoking'

He demanded her to stop smoking.
He advised her to stop smoking.

Number of score out of 10 = Score in percentage =








Thursday, 17 October 2019

Latihan Soal Matematika kelas 9 Semester Ganjil

Latihan Soal Matematika kelas 9 Semester Ganjil


  1.          9x . 37 . 273
    Bila ----------------- = 27, maka nilai x sama dengan
              3 . 814 .
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4



  2.  9x . 37 . 273
    ----------------- = 27
     3 . 814

      (32)x . 37 . (33)3
    ----------------- = 27
      3 . (34)4

      32x . 37 . 39
    ----------------- = 27
      3 . 316

      32x . 316
    ----------------- = 33
         317

    2x + 16 - 17 = 3
    2x - 1 = 3
    2x = 3 + 1
    2x = 4
    x = 2




  3. (0,4)2 + (0,2)2 = √x, nilai x sama dengan:

    A. 0,2
    B. 0,4
    C. 0,04
    D. 0,06



  4. (0,4)2 + (0,2)2 = √x
    0,16 + 0,04 = √x
    0,2 = √x
    (0,2)2 = x
    x = 0,04


  5.   1
    ------ x (32)3 =
      27

    A. 3
    B. 32
    C. 33
    D. 34



  6.   1
    ------ x (32)3 =
      27

      1
    ------ x (32)3 =
      33

      1
    ------ x (36 =
      33

    1 x 36-3
    1 x 33


  7. Hasil perpangkatan 6,25 x 102 - 0,5 x 103 yang ditulis dalam notasi ilmiahnya

    A. 0,125 x 102
    B. 1,25 x 102
    C. 1,25 x 103
    D. 1,25 x 104




  8. 6,25 x 102 - 0,5 x 103
    6,25 x 102 - 5 x 10-1 x 103
    6,25 x 102 - 5 x 102
    6,25 - 5 x 102
    1,25 x 102


  9.                                            641/3 + 3
    Bentuk sederhana dari ------------------ =
                                               645/6 - 11

    A. 1/3
    B. 1/4
    C. 1/5
    D. 1/6



  10.    641/3 + 3
       --------------- =
       (64)5/6 - 11

        (26)1/3 + 3
       --------------- =
        (26)5/6 - 11

        (22 + 3
       --------------- =
        (25 - 11

         4 + 3
      ----------- =
         32 - 11

        7
      ------- =
        21

        1
      ------- =
        3




  11. Perhatikan gambar berikut,∆ ABC disamping, DE//AB, DE = 8 cm, AB = 15 cm, dan CD = 6 cm, panjang AC adalah



    A. 12
    B. 11,75
    C. 11,5
    D. 11,25



  12.  AC        DC
    -----   =   ----
     AB         DE

     AD + DC       DC
    -------------   =   ------
        AB               DE

     AD + 6         6
    -----------   =   ----
       15               8

    8(AD + 6) = 15 x 6
    8AD + 48 = 90
    8AD = 90 - 48
    8AD = 42
    AD = 42 : 8
    AD = 5,25
    AC = AD + DC
    AC = 5,25 + 6
    AC 11,25


  13. Manakah yang terbesar di antara angka-angka berikut?

    2√2, √7, 2√3, √5

    A. 2√2
    B. √7
    C. 2√3
    D. √5



  14. 2√2 = 4 x 2 = 81/2
    √7 = 71/2
    2√3 = 4 x 3 = 121/2 << terbesar
    √5 = 51/2


  15. Sebidang tanah yang berukuran 160 m x 100 m digambar pada kertas dengan ukuran 40 cm x 25 cm. Skala pada gambar tersebut adalah

    A. 1 : 100
    B. 1 : 200
    C. 1 : 300
    D. 1 : 400



  16. 40 : 16000 = 1 : 400
    25 : 10000 = 1 : 400


  17. Bentuk Sederhana operasi bilangan berpangkat √ 1,21 𝑥 1024 adalah .

    A. 1,1 × 1011
    B. 1,1 × 1012
    C. 1,1 × 1013
    D. 1,1 × 1014



  18. √1,21 𝑥 1024
    1,1 𝑥 1024/2
    1,1 𝑥 1012



  19. Suku pertama dan ketiga suatu barisan aritmetika berturut-turut adalah 5 dan 1. Suku keenam barisan itu adalah ..

    A. -5
    B. -6
    C. -7
    D. -8



  20. U1 = a = 5
    U3 = a + 2b = 1
    = 5 + 2b = 1
    2b = 1 - 5
    2b = -4
    b = -2
    Un ---> n =6
    Rumus:
    Un = a + (n - 1)b
    U6 = 5 + (6 - 1)(-2)
    = 5 + 5.(-2)
    = 5 - 10
    U6 = -5


  21. Pada gambar berikut, kerucut berada didalam tabung dan keduanya berimpit

    Tinggi tabung sama dengan tingggi kerucut. Volume tabung diluar kerucut adalah
    A. 4.620 cm3
    B. 6.930 cm3
    C. 9.240 cm3
    D. 12.720 cm3



  22. Vtabung - Vkerucut

      π x r2 x t     -    1/3 x π x r2 x s    (22/7 x 10,52 x 20)  -  (1/3 x 22/7 x 10,52 x 20)

       6,930  -  2.310
    4,620 m3


  23. Budi membuka rekening di sebuah bank. Pada bulan pertama, ia menyetor uang sebesar Rp100.000,-. Jumlah setoran tiap bulannya ia naikkan sebesar Rp20.000,- dari bulan sebelumnya. Jumlah uang Budi di bank setelah 1 tahun adalah ...

    A. Rp. 2.440.000
    B. Rp. 2.480.000
    C. Rp. 2.500.000
    D. Rp. 2.520.000



  24. a= 100000
    b= 20000
    n= 12

    Sn = ½n(2a+(n-1)b)

    S12 = ½.12(2.100000+(12-1)20.000)
       = 6(200.000+220.000)
       = 6(420.000)
       = 2.520.000.




DMCA.com Protection Status





Monday, 14 October 2019

Soal Dan Pembahasan Fisika Kelas 9

Soal Dan Pembahasan Fisika Kelas 9


  1. Sebuah motor mula-mula diam bergerak dengan kecepatan 45 km/jam, dalam waktu 5 detik, percepatan yang dialami motor adalah ...

    A. 1,5 m/s2
    B. 2,5 m/s2
    C. 3,5 m/s2
    D. 4,5 m/s2




  2. 45 km/jam >> 45000/3600 = 12,5 m/s

    a.t = v1 - v0
    a = ( v1 - v0) : 5
    a = 2,5 m/s2




  3. Besar kecepatan suatu partikel mengalami perlambatan konstan ternyata berubah dari 60 m/s menjadi 20 m/s setelah menempuh jarak sejauh 100 m. Partikel tersebut akan berhenti setelah menempuh lagi jarak sejauh ...

    A. 12,5
    B. 18,25
    C. 25
    D. 32,5



  4. vO2 = v12 + 2.a.100
    202 = 602 + 200a
    a = -16 m/s2



    Lintasan BC

    v12 = vO2 + 2.a.s
    0 = 202 + 2.(-16).s
    s = 12,5 m


  5. Manakah di bawah ini adalah bidang fisika yang mempelajari gerakan dan penyebabnya?

    A. Mekanika
    B. Mekanika Quantum
    C. Optik
    D. Termodinamika



    • Termodinamika adalah cabang fisika yang membahas hubungan antara panas dan bentuk energi.
    • Mekanika cabang Fisika mempelajari gerak benda dan kekuatan yang mempengaruhinya.
    • Mekanika Quantum teori ilmiah tentang panjang gelombang yang menggambarkan perilaku foton, elektron, dan partikel lain yang membentuk alam semesta.
    • Optik adalah cabang fisika yang mempelajari perilaku dan sifat-sifat cahaya.


  6. Di musim dingin, seekor bebek terbang 10,0 m/s ke selatan melawan hembusan angin dengan kecepatan 2,5 m/s. Berapakah kecepatan bebek yang dikeluarkan?

    A. 12,5 m/s
    B. -12,5 m/s
    C. 7,5 m/s
    D. -7,5 m/s




  7. 10,0 - 2,5 = 7,5 m/s


  8. Satuan Newton setara dengan ?

    A. kg
    B. kg.m/s
    C. kg.m/s2
    D. kg(m/s2)



  9. New TTY on Satuan Internasional untuk hukum gaya dan gerak



  10. . Seorang pramusaji yang membawa nampan dengan piring di atasnya memberi nampan pada sudut 12° di bawah garis horizontal. Jika gaya gravitasi pada platter adalah 5,0 N, berapakah besarnya gaya yang sejajar dengan baki yang cenderung menyebabkan platter meluncur ke bawah baki? (Abaikan gesekan.)

    A. 5,0 N
    B. 4,9 N
    C. 3.7 N
    D. 1,0 N



  11. 5 × sin 12 = 1,039


  12. Seorang pekerja konstruksi mendorong gerobak dorong 5,0 m dengan gaya horizontal 50,0 N. Berapa banyak energi yang dilakukan oleh pekerja tersebut?

    A. 10J
    B. 55J
    C. 250J
    D. 1250J



  13. W = Gaya × Jarak = N × s =50 × 5 = 20 nM = 250 Joules


  14. Suatu zat mencatat perubahan suhu dari 20° C ke 40° C. Untuk penambahan perubahan suhu apa yang sesuai?

    A. 24°F
    B. 36°F
    C. 48°F
    D. 312°F



  15. 40 - 20 = 20°C
    20 × 9/5
    36°F


  16. Kapasitor / kondensator 0,25 μF terhubung ke baterai 9,0 V. Berapa muatan pada kapasitor?

    A. 1,2 × 10-12 C
    B. 2,2 × 10-6
    C. 2,5 × 10-6
    D. 2,8 × 10-2



  17. 1 uFarad = 10-6
    Q = C × V = (0,25 x 10-6) × 9 = 2,25 × 10-6 Coulombs



  18. Semut di atas meja bergerak 3,0 × 101 cm ke arah timur, kemudian 25 cm ke utara, dan akhirnya 15 cm ke arah barat. Berapa besar perpindahan semut relatif terhadap posisi aslinya?

    A. 70 cm
    B. 52 cm
    C. 57 cm
    D. 29 cm



  19. gunakan trigonometri

    30 - 15 = 15

    Garis miring² = 25² + 15²
    Garis miring² = 625 + 225
    Garis miring² = 850 Garis miring = 29.1cm





DMCA.com Protection Status




Sunday, 13 October 2019

Soal Dan Pembahasan Kimia Dasar

Soal Dan Pembahasan Kimia Dasar
  1. Simbol kimia adalah representasi dari

    A. Formula Atom
    B. Formula molekuler
    C. Formula struktural
    D. Formula Kimia




  2. Simbol Kimia mewakili formula kimia. Rumus molekul adalah rumus kimia yang memberikan jumlah total atom dari setiap elemen dalam setiap molekul suatu zat.



  3. Atom dari unsur yang sama atau elemen yang berbeda digabungkan ke unit yang lebih besar yang disebut

    A. ion
    B. atom
    C. molekul
    D. unsur



  4. Sebuah molekul mewakili unit terkecil dari senyawa kimia yang dapat ambil bagian dalam reaksi kimia. Molekul adalah sekelompok atom yang terikat bersama.


  5. Atom adalah nama yang diberikan oleh

    A. Bohr
    B. Rutherford
    C. Democritus
    D. Archimides



  6. Teori Demokritoneonor adalah teori atom pertama dari seorang filsuf Yunani yang tinggal di abad ke-5 SM. Ia adalah Democritus. Menurutnya:
    "jika sebuah batu terbagi dalam setengah, dua bagian akan pada dasarnya adalah sifat yang sama seperti keseluruhan. Selama-masing, karena dia beralasan bahwa jika batu itu terus-menerus dipotong menjadi potongan yang lebih kecil dan lebih kecil. kemudian pada suatu saat, akan ada sepotong yang akan menjadi begitu kecil untuk tidak dapat dipotong lagi.


  7. Konsep orbital yaitu elips & bulat didefinisikan oleh…

    A. model Rutherford
    B. model Thomson
    C. model Summerfield
    D. Teori Quantum Plank




  8. Rutherford menjelaskan model Bohr.Model Bohr adalah atom yang diusulkan oleh Rutherford mengasumsikan bahwa atom terdiri dari nukleus sentral dan elektron berputar yang stabil. sistem yang sama dengan planet matahari.


  9. Jumlah isotop yang tidak stabil adalah

    A. 40
    B. 60
    C. 80
    D. 90



  10. Semua elemen dengan nomor atom lebih besar dari 83 adalah radioisotop yang berarti bahwa elemen-elemen ini memiliki inti yang tidak stabil dan radioaktif. Unsur-unsur dengan nomor atom 83 dan lebih sedikit, memiliki isotop (nukleus stabil) dan sebagian besar memiliki setidaknya satu radioisotop (nukleus tidak stabil).




  11. Manakah di antara yang berikut ini yang terbesar?

    A. Elektron
    B. Proton
    C. Neutron
    D. Positron



  12. Contoh : Helium



    1. Proton
      • masa :1.6726 x 10-24 g
      • masa atom : 1.0073


    2. Neutron
      • masa :1.6740 x 10-24 g
      • masa atom : 1.0078


    3. Elektron
      • masa :9.1094 x 10-28 g
      • masa atom: 0.00054858


    Note


    Positron


    Positron itu elektron positif, partikel subatomik bermuatan positif memiliki massa dan besaran muatan yang sama dengan elektron dan merupakan antipartikel dari elektron negatif. Antipartikel pertama yang terdeteksi, positron ditemukan oleh Carl David Anderson dalam studi kamar awan tentang komposisi sinar kosmik (1932).



  13. Manakah di antara yang berikut ini yang merupakan logam terkuat?

    A. Besi
    B. Chromium
    C. Emas
    D. Titanium



  14. ukurannya pada densitas. Logam terkuat ke terlemah : Titanium - Emas - Chromium - Besi.


  15. Timah (Sn) adalah elemen dari ...

    A. s-block
    B. p-block
    C. d-block
    D. f-block



  16. Karena masa atom Sn adalah 53


  17. Manakah dari berikut ini yang digunakan di rumah sakit untuk membersihkan udara?

    A. Sodium sulfat
    B. Sodium peroksida
    C. Tembaga oksida
    D. Sodium nitrate



  18. digunakan untuk membersihkan ruangan, mengobati nanah, pemutih dalam produk tekstil, batang gandum.



  19. Di antara yang berikut ini yang digunakan dalam pengobatan kanker?

    A. Sodium oksida
    B. Klorida
    C. Tembaga 58
    D. Cobalt 60



  20. Cobalt-60 melepaskan isotop radioaktif beta


DMCA.com Protection Status





Kuis Kimia Dasar 1

Kuis Kimia Dasar 1


Kuis Kimia Dasar 1

1. Jumlah mol zat terlarut yang ada dalam 1 kg pelarut disebut

molalitas
molaritas
Normalitas
formalitas


2. Jumlah d-elektron dalam Fe2+ (Z = 26) tidak sama dengan jumlah dari

p-elektron dalam CI (Z = 17)
d-elektron dalam Fe (Z = 26)
p-elektron dalam Ne (Z = 10)
s-elektron dalam Mg (Z = 12)





3. Molekul-molekul gas mana yang memiliki kecepatan tertinggi?

H2 pada -73°C
O2 pada 0°C
N2 pada 1.027°C
CH4 pada 300 K

4. Inti atom terdiri dari

proton dan neutron
proton dan elektron
elektron dan neutron
Semua benar


5. Proses metalurgi dimana logam diperoleh dalam proses peleburan disebut

floatation
roasting
calcinations
smelting


6. Molekul yang memiliki persentase karakter ionik tertinggi di antara yang berikut adalah

HF
HI
HCl
Hbr


7. Berapa jumlah mol CO2 yang mengandung 16 g Oksigen

0,2 mol
0,25 mol
0,4 mol
0,5 mol


8. Zat pemutih yang paling umum digunakan adalah

Klorin
natrium klorin
karbon dioksida
alkohol



9. Jumlah isomer maksimum untuk alkena dengan rumus molekul C4H8 adalah

2
3
4
5


10. Inti atom hidrogen terdiri dari

1 proton
1 neutron
1 elektron
1 proton + 2 neutron

Number of score out of 10 = Score in percentage =



DMCA.com Protection Status



Semua anak memiliki kecerdasan yang sama, yang membuatnya berbeda adalah pada proses perkembangannya, lingkungan, pendidikan menjadi faktor yang menentukkan.


Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
085772580670 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O85772580670 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 085772580670 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.