Thursday 10 October 2019

Tes IQ Online Tingkat Dasar

Tes IQ Online Tingkat Dasar


Tes IQ Online Tingkat Dasar

1. Apa yang berikutnya dalam seri logis; 1, 4, 9, 16, 25,?

30
36
40
42






2. Rata-rata usia tiga bersaudara adalah 15. Jumlah usia mereka akan menjadi

lebih besar dari 45
tepat 45
kurang dari 45
Mendekati 45



3. 20% dari 80 adalah

16
160
4
12



4. Pilih analogi terbaik.

bunga: aroma

aroma: makanan
air: rasa
makanan: rasa
Anjing: bau



5. Tuan A menyukai warna merah dan hijau, Tuan B menyukai warna merah, putih dan biru, Tuan C menyukai warna putih, hijau dan biru sedangkan Tuan D menyukai warna hijau. yang merupakan warna yang paling disukai

putih
biru
merah
hijau



6. Dia adalah saudara perempuanmu dan kau adalah cucuku. Apa dia bagi saya

cucu perempuan
putra
putri
cucu



7. Ada 1100 gram air dalam gelas. Anda harus minum 200 gram air dalam satu detik. Berapa detik yang diperlukan untuk meminum seluruh air

6
5.5
5
4



8. Tuan Budi mendapat posisi pertama, saudara perempuannya kedua dan tidak ada yang mendapat posisi ketiga. Berapa banyak siswa yang lulus ujian

1
2
3
4



9. EGGHFT adalah putra dan putri UWONMJ dari 742967. apa nama putra dan putri dari 9

N putra, putri H
H putra, putri N
F putra, putri M.
semua putra, semua putri



10. Seorang bayi lahir tengah malam. Pada hari Minggu, dia berusia 10 hari. ketika dia lahir

Senin
Selasa
Rabu
Kamis



Number of score out of 10 = Score in percentage =





Semua anak memilki kecerdasan yang sama, yang membuatnya berbeda adalah pada proses perkembangannya, lingkungan, pendidikan menjadi faktor yang menentukkan.


Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
085772580670 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O85672580670 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 085772580670 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.




Artikel Laptop Dan PC Terkait






Bimbel Online Tes SMAKBO
Jual - Kumpulan Soal Tes SMAKBO
Bimbel Tes SMAKBO
PPDB SMK - SMAK Bogor
Cara Daftar PPDB SMAKBO 2020/2021

Sistim Persamaan Linear Dua Variable

Sistim Persamaan Linear Dua Variable - Aljabar


Aljabar - menyelesaikan Sistim Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV).



  1. Seorang Ayah berusia 35 tahun. Tiga tahun lalu, usia ayah empat kali lebih tua dari putranya. Berapa usia puteranya sekarang?
    A. 9 B. 11






  2. Jika saat ini selisih umur ayah dan anak adalah 30, dan sepuluh tahun yang akan datang umur ayah sama dengan dua kali umur anak. Maka umur ayah sekarang adalah
    Berapakah A?
    A. 50 B. 40



  3. Sri 16 tahun lebih muda dari Sifa. Jika jumlah usia mereka adalah 32, berapa umur Sri?
    A. 9 B. 8




  4. Pada Januari tahun 2010, Usia Ayah 11 kali lebih tua dari putranya. Pada bulan Januari 2009, ayah tujuh kali lebih tua darinya. Berapa usia anak pada Januari 2010?
    A. 3 B. 4



  5. Tentukan Penyelesaian dari persamaan  3x+ 5y = 16 , dan 4x + y = 10 , jika x = a dan y = b . Berapakah nilai a ?
    A. 3 B. 2




  6. Tentukan Penyelesaian dari persamaan  3x+ 5y = 16 , dan 4x + y = 10 , jika x = a dan y = b . Berapakah nilai b ?
    A. 2 B. 4





Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
085772580670 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O85772580670 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 085772580670 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.




Wednesday 9 October 2019

Menguji Pengetahuan Matematika - Segitiga Disekitar Pentagon Dan Logika

Menguji Pengetahuan Matematika - Segitiga Disekitar Pentagon Dan Logika


Menguji kemampuan Matematika menyelesaikan 10 soal sederhana sedikit rumit tanpa dengan menggunakan kalkulator.





  1. Dengan memperluas sisi bangunan pentagon tidak beraturan ke arah yang sama, Ada lima sudut eksterior. Jika kita mengetahui ukuran empat sudut, apakah mungkin dapat menemukan ukuran kelima?



    A. 90 B. 110






  2. Berapakah A?
    A. 5 B. 1



  3. Semua segitiga diatas bangunan pentagon yang ditampilkan adalah segitiga sama kaki. Berapakah total sudut yang diberi warna pink?



    A. 110 B. 180







  4. Berapa Z ?

    A. 4 B. 0






  5. A. 4 B. 6






  6. A. 10 B. 9





Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
085772580670 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O85772580670 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 08577252580670 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.




Tuesday 8 October 2019

MM - Moral Dan Matematika

MM - Moral Dan Matematika



Moral dan matematika apa korelasinya?


Selama ini mungkin kita berpikir antara moral dan matematika tidak ada hubungan yang erat diantara keduanya. Karena yang satu tumpukan angka - angka, satu lagi uraian nilai - nilai hidup mulia antar sesama yang beradab yang memenuhi harapan Kemanusiaan lagi damai sentosa. Hampir tidak ada hubungan sama sekali. Padahal ini sangat mendasar keterkaitan diantara keduanya.





Kita lihat hubungan moral dengan matematika, contoh pada istilah "Teori kemungkinan", pada perkataan "penuh perhitungan", "masih ada harapan", "berbagi kebaikan", "menghitung baik buruknya", "kepastian", itu adalah moral yang dipengaruhi oleh pengetahuan matematika. Matematika dapat membentuk moral yang baik atau membentuk kehidupan yang bermoral.


Apa itu moral?


Moral ya moral, dalam bahasa Inggris moral ya moral. In definitive, moral adalah bentuk kepedulian dengan prinsip-prinsip perilaku benar dan salah dan kebaikan atau keburukan karakter manusia. Moral juga disebutkan dengan sebutan lain etik atau etika. Etik adalah seperangkat prinsip moral, terutama yang berkaitan dengan atau menegaskan suatu kelompok, bidang, atau bentuk perilaku tertentu.


Jadi moral berkaitan dengan manusia sebagai mahluk sosial, dengan moral yang baik akan membentuk kehidupan yang harmonis antar sesama, yaitu kehidupan yang saling menerima saling berbagi. Bayangkan jika seorang yang memiliki kecerdasan matematika digandeng dengan agama, maka ia akan lebih bermoral lagi. Bicara pengetahuan matematika;


  1. bukan bicara hitung hitungan, walaupun didalamnya kumpulan hitung - hitungan.

    Tiap waktu semua orang berhadapan dengan hitung - hitungan. Tapi kenapa sebagian besar orang tidak tertarik dengan matematika?

    Karena mereka berpikir matematika itu hitung - hitungan bukan masalah ketajaman logika.


  2. Matematika itu bicara dimensi, bicara ruang, bicara bidang.

    jadi pengetahuan matematika mengantarkan seseorang mengenal dirinya dan yang ada di sekitarnya.


  3. Matematika mengajarkan membangun bangunan apa saja yang memenuhi nilai kemanusiaan (K3 / ohsas 18001).


  4. Tidak mengenal matematika maka akan membentuk manusia yang serakah dan tamak.


Secara umum dapat dilihat korelasi antara matematika sebagai Ilmu Pasti dengan kejadian alam. Misalkan awan mendung sekalipun belum tentu akan turun hujan, akan tetapi mendung memberi kepastian alam akan turun hujan. Perputaran matahari erat persamaan dengan waktu, jam 12 siang selalu matahari ada di atas, dan lain - lain. Termasuk perhitungan kalenderisasi tidak lepas dari formula matematika.


Dari sudut adab dan etika, jika berbuat baik hasilnya akan baik. Sedangkan jika berbuat jahat hasilnya akan mendapat hasil setimpal dengan kejahatan dan lain - lain. Jadi setiap perbuatan ada balasan. Dalam keseharian sering kita dengan istilah "berbagi". Kemudian perhitungan dalam pembagian warisan yang adil menggunakan perhitungan matematika. Dalam hal ihwal niaga atau dagang bagaimana membuat timbangan yang setimbang yang memberi keadilan bagi pembeli dengan penjual.





Sebagai konklusi, maka bisa kita simpulkan, dari uraian di atas bisa, bahwa ilmu pengetahuan matematika itu penting bagi semua orang untuk membangun kehidupan yang adil dan beradab.


Di sisi lain secara umum memang ada kendala dalam transfer ilmu matematika, yang selalu muncul persoalan klasik, yaitu Ilmu matematika kurang diminati. Kemungkinan terjadi ada yang salah dalam penerapan program. Salah program berkaitan erat dengan salah pandang dengan pengetahuan matematika. Mereka memandang matematika itu hitung - hitungan, bukan ilmu pasti. Ilmu pasti memberikan kepastian ke arah masa depan yang lebih baik dalam ikatan kemanusiaan


Semoga bermanfaat







Penulis:
Ahmad Hanafiah
CEO CTES









DMCA.com Protection Status

Latihan Soal Matematika UNBK SMA

Latihan Soal Matematika UNBK SMA


Latihan Soal Matemtatika UNBK SMA

Question 1.
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan 3logx - xlog3 > 0 adalah


x › 1/3
x › 1
x ‹ 3
-1 ‹ x ‹ 0 atau x › 1
1/3 ‹ x ‹ 1 atau x > 3



Question 2.
Uang Adinda Rp 40.000,00 lebih banyak dari uang Binary ditambah dua kali uang Cindy. Jumlah uang Adinda, Binary, dan Cindy Rp 200.000,00, selisih uang Binary dan Cindy Rp 10.000,00. Jumlah uangAdinda dan Binary adalah


Rp 122.000,00
Rp 126.000,00
Rp 156.000,00
Rp 162.000,00
Rp 172.000,00






Question 3.
Diketahui premis-premis :
“Jika gaji pegawai naik, maka harga barang naik”
“Jika harga barang naik maka semua rakyat mengeluh”

Kesimpulan yang sah dari premis-premis diatas adalah...


Jika harga barang naik maka gaji pegawai tidak naik
Jika semua rakyat mengeluh maka harga barang naik
Gaji pegawai tidak naik atau semua masyarakat mengeluh
Gaji pegawai tidak naik tapi semua masyarakat mengeluh
Gaji pegawai naik tapi ada masyarakat tidak mengeluh


Question 4.
Diketahui log 2 = a, log 3 = b, maka log 15 = ...

a - b
1 – a + b
a + b
1 + a - b
1/2 (a + b )



Question 5.
Jika p dan q adalah akar-akar persamaan kuadrat 7x2 – x – 3 = 0, maka persamaan kuadrat yang akarnya 1/p dan 1/q adalah … .


3x2 + x – 7 = 0
3x2 - x – 7 = 0
3x2 + x + 7 = 0
3x2 + x - 1 = 0
3x2 - x + 1 = 0



Question 6.
Agar fungsi F(x) = grafiknya selalu berada dibawah sumbu X. Maka batas m adalah…


m < -2
m < -2 atau m > 6
-2 < m < 0
- 6 < m < 0
m < -6



Question 7.
Jika akar-akar x2 + ax – 32 = 0 ternyata 3 lebih kecil dari akar akar-akar y2 –2y – b = 0, maka nilai dari a + b adalah …


39
9
7
-11
-13



Question 8.
Negasi dari pernyataan "Jika hujan turun, maka beberapa murid tidak masuk sekolah" adalah …


Jika beberapa murid masuk sekolah maka hujan tidak turun
Hujan turun tetapi semua murid masuk sekolah
Hujan turun dan semua murid tidak masuk sekolah
Jika hujan tidak turun maka beberapa murid masuk sekolah
Hujan tidak turun atau beberapa murid tidak masuk sekolah


Question 9.
Persamaan lingkaran dengan pusat P(3, 1) danmenyinggung garis 3x + 4y + 7 = 0 adalah…



x2 + y2 - 6x - 2y + 6 = 0
x2 + y2 + 6x - 2y - 9 = 0
2 + y2 - 6x - 2y + 9 = 0
2 + y2 + 6x + 2y + 6 = 0
2 + y2 - 6x - 2y - 6 = 0



Question 10.
Garis singgung lingkaran x2 + y2 – 6x – 2y + 5 = 0 yang sejajar garis 2x – y + 7 = 0 adalah ...


2x – y – 10 = 0
2x – y + 10 = 0
2x + y + 10 = 0
x – 2y – 10 = 0
x – 2y + 10 = 0


Number of score out of 10 = Score in percentage =





Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
081511271079 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O81511271079 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 081511271079 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.




Monday 7 October 2019

Menguji Pengetahuan Matematika

Menguji Pengetahuan Matematika


Menguji kemampuan Matematika menyelesaikan 10 soal sederhana sedikit rumit tanpa dengan menggunakan kalkulator.



  1. 6 + 6 × 6 - 6

    A. 66 B. 36



  2. 6 : 2 + 12 : 6

    A. 5 B. 2.5



  3. 2 + (4 - 2 )2

    A. 8 B. 6




  4. 2 + 2 ÷ 2 + 2 × 2

    A. 7 B. 8



  5. 6 - 1 × 0 + 3 ÷ 3

    A. 1 B. 7






  6. 4 - 4 + 4 × 4

    A. 16 B. -16



  7. 4 + 2 (6 - 4)

    A. 8 B. 12




  8. 5 + 1 × 0 + 8 ÷ 2

    A. 10 B. 9



  9. 9 ÷ 3 + 2(6 - 3)

    A. 9 B. 30



  10. 20 - 4 ÷ 1/4 + 8

    A. 28 B. 12





Temukan jawaban lengkapnya di CTES Elog Bimbel


CTES mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal Matematikan, yang membuat pengetahuan matematika itu menarik dan menyenangkan.


CTES membuka bimbingan belajar untuk SD - SMP - SMA dan SMK. Persiapan masuk SMK-SMAK Bogor, persiapan SBMPTN. Jika Anda berminat, disilahkan dibaca info lengkapnya di sini:
https://mobile.elog-bimbel.id << klik ini.


Atau dapat kontak langsung ke sini:
081511271079 << klik ini.

Atau dapat sms langsung ke sini:
SMS << klik ini.

Atau dapat Chat WhatsApp di sini:
1. WA Android dan iOS: O81511271079 << klik ini.
2. WA desktop/pc/laptop: 081511271079 << klik ini.

Atau dapat kontak langsung ke sini:
eMail << klik ini.





Latihan Soal Matematika

Latihan Soal Matematika


Latihan Soal Matematika Kelas 8



  1. Rumus suku ke- n dari barisan 3, 7, 11, 15, … adalah ….
    A. 4n+1 B. 2n-1
    C. 4n-1 D. 4n+2



  2. Suatu barisan memiliki rumus Un= 3n+4 maka suku ke 18 barisan tersebut adalah ….
    A. 58 B. 60
    C. 62 D. 64






  3. Budi sedang menumpuk kursi yang tingginya masing-masing 86cm. tinggi tumpukan 2 kursi 94cm, dan tinggi tumpukan 3 kursi 102cm. Tinggi tumpukan 12 kursi adalah ….
    A. 145 cm B. 154 cm
    C. 164 cm D. 174 cm





  4. Suatu barisan aritmatika memiliki Rumus Un= 4n -102. Suku ke- 10 adalah ….
    A. 142 B. 62
    C. - 62 D. - 142



  5. Diketahui Un=2n2 - 5. Nilai dari U3 + U5 adalah ….
    A. 28 B. 38
    C. 48 D. 58



  6. Hasil penjumlahan dari 2x + 3 dan 5 + x adalah....
    A. 7x + 6 B. 7x - 4
    C. 3x + 5 D. 3x + 8



  7. Hasil dari (2x – 4) (3x + 5) adalah…
    A. 6x2 – 2x – 20 B. 6x2 + 2x – 20
    C. 6x2 – 14x – 20 D. 6x2 + 14x – 20





  8. Sebuah persegi panjang berukuran panjang (2x + 3) cm dan lebar (x – 1) cm. Jika x = 5 maka keliling persegi panjang tersebut adalah….
    A. 17 cm B. 34 cm
    C. 42 cm D. 52 cm



  9. Hasil pemfaktoran dari 15a2 – 12a adalah….
    A. 3a(5a – 4a) B. 3a(5a – 4)
    C. 3(5a – 4) D. 3(5a – 4a)



  10. Hasil pemfaktoran dari x2 + 9x + 14 adalah….
    A. (x + 2) (x + 7) B. (x – 2) (x – 7)
    C. (x – 2) (x + 7) D. (x + 2) (x – 7)





  11. Hasil pemfaktoran dari 3m2 + 7m + 4 adalah….
    A. (3m + 4)(m + 1) B. (3m + 1)(m + 4)
    C. (3m + 2)(m + 2) D. (3m + 1)(3m + 4)



Logika Matematika

Logika Matematika

Quiz Questions

Question 1.
He -------------------- it.

don't like
doesn't like
doesn't likes


Question 2.
They -------------------- here very often.
don't come
doesn't come
doesn't comes




Question 3.
John and Mary -------------------- twice a week.
come
comes
coming


Question 4.
I -------------------- mind at all.
not
isn't
don't


Question 5.
It -------------------- sense.
don't make
doesn't makes
doesn't make


Question 6.
They -------------------- happy.
seem
seems
seeming

Question 7.
You -------------------- to do it.

don't have
doesn't have
doesn't has


Question 8.
She -------------------- a brother.
doesn't has
don't has
doesn't have


Question 9.
The journey -------------------- an hour.
take
takes
taking


Question 10.
I -------------------- it now.
want
wants
wanting


Question 11.
Peggy -------------------- by bus.
come
comes
coming


Question 12.
She --------------------.
don't know
doesn't knows
doesn't know


Question 13.
She -------------------- hard.
try
trys
tries




Question 14.
They -------------------- football every weekend.
play
plays
playing


Question 15.
The exam -------------------- two hours.
last
lastes
lasts

Number of score out of 15 = Score in percentage =

Sunday 6 October 2019

Membangun Interes Siswa Yang Tidak Menyukai Mata Pelajaran

Membangun Interes Siswa Yang Tidak Menyukai Mata Pelajaran



Mungkin diantara kita memiliki kesamaan masalah dengan judul diatas. Dan hampir semua orang mengalaminya, ada yang berhasil mengatasinya, ada pula yang tidak. Bukan hal yang mudah bagi kita untuk bisa mengikuti pelajaran yang tidak kita sukai. Masalahnya adalah pelajaran yang tidak disukainya itu merupakan pelajaran wajib yang harus dilaluinya.






Misalkan kita masuk jurusan Sosial, kita tidak suka pelajaran sejarah. Dan kita masuk jurusan IPA, kita tidak suka dengan pelajaran berhitung. Masalah seperti ini kasus - kasusnya banyak dijumpai. Sebetulnya dibuat dua jurusan inti adalah untuk menampung pilihan sesuai minat dan bakat, tapi yang terjadi, selalu saja dijumpai masalah - masalah seperti diatas.


Karena CTES berfokus pada matematika, contoh kasus yang akan dibahas adalah masuk jurusan exacta tapi tidak suka pelajaran hitung - hitungan. Bagaimana membangun siswa yang sulit memahami pelajaran matematika sementara yang bersangkutan memilih jalur pendidikan exacta?


Di sini kami tidak akan membahas masalah pilihan. Tapi contohnya jika kita sudah berhadapan langsung dengan satu masalah, siswa tidak interes dengan mata pelajaran matematika. Apa yang harus dilakukan agar terbangun minat besar siswa mulai berusaha mempelajarinya.


Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membantu siswa seperti itu, caranya


  1. Mulailah dengan latar belakang dan tujuan kenapa harus mempelajari matematika.

    Bukan hal yang mudah untuk menjelaskan ini jika kita sendiri tidak tahu peruntukkannya kenapa kita mempelajari matematika, contohnya kenapa harus mempelajari radian sinus, cosinus dan tangen.

    Disini yang dikatakan "jika seorang pengajar mengajar tanpa persiapan sama dengan ia sedang menyebar virus kebodohan". Jadi seorang pengajar yang sedang melakukan pembinaan terhadap siswa yang sulit memahami pelajaran matematika tidak hanya harus memiliki extra kesabaran, tapi ia juga wajib menyiapkan materi yang akan disajikan kepada anak tersebut.


  2. Mengajak temannya yang lebih baik dalam pelajaran berhitung untuk membantunya dibawah arahan dan bimbingan pengajarnya.

    Buatlah pertanyaan atas jawaban temannya yang lebih baik dalam pelajaran berhitung. Dan pertanyaan itu dibuat oleh temannya yang menerangkan itu. Sementara itu yang sedang dibina, yaitu siswa yang sulit memahami pelajaran berhitung, biarkan ia hanya melihat.

    Kemudian setelah selesai dijelaskan semua oleh temannya yang lebih baik dalam berhitung, giliran siswa yang dibina, untuk mengulang apa yang dijelaskan oleh temannya tadi.

    Saat ia menulis, ajak ia mengucapkan dengan lisannya dari apa yang ditulis.

    Setelah selesai semua, diakhir acara, ajukan pertanyaan pada siswa yang sulit memahami pelajaran matematika, yaitu dengan pertanyaan: "Apa yang didapatkan dari pelajaran hari ini,"


  3. Setiap ada PR atau tugas sekolah, siswa yang sulit memahami materi, biasakan untuk menyebutkan dengan lisannya apa yang ditulisnya. Kemudian memintanya untuk mencatat apa saja yang tidak dipahaminya dari pr dan atau tugas - tugasnya di Sekolah.

    Bawa semua pertanyaan itu ke temannya yang dianggapnya lebih pintar.


  4. Ajari mereka untuk tidak pernah mengatakan dari mulutnya "tidak bisa".

    Bawalah apa yang tidak bisa diselesaikan ke temannya, orang yang dianggapnya lebih pintar atau berani bertanya langsung ke gurunya.





Dengan cara diatas, sebagian besar hasilnya positif. Jadi kesimpulannya, tidak selalu mereka tidak bisa memahami pelajaran exacta sedangkan ia memilih exacta, itu akibat salah pilih pilihan jurusan di Sekolahnya. Mereka tidak bisa atau kebanyakan karena tidak tahu ia mau kemana dan tidak tahu cara mengatasinya.


Semoga bermanfaat







Penulis:

Ahmad Hanafiah
CEO CTES









DMCA.com Protection Status

Wednesday 2 October 2019

Matriks II - FunMTK

Matriks II - FunMTK



2. Matriks Negatif



Mengubah angka disetiap row dan kolom dengan mengkalikan dengan konstanta negatif.






Begitu juga jika nilai Matriks dikalikan dengan angka konstanta, misalkan jika dikalikan konstanta 2, maka hasilnya adalah semua angka yang ada di masing - masing row dan kolom dikalikan 2.




Untuk pembagian, prosesnya tidak dengan dibagi, mengkalikan dengan jalan di invers angka pembagi atau dibalikkan angka pembagi atau diberi pangkat negatif, contohnya seperti ini ;





A : B = A × B-1




3. Pengurangan



Jumlah hasil pengurangan dalam matriks, angka masing - masing di row dan kolom yang sama dikurangi, contohnya seperti di bawah ini:




Dalam penjumlahan pun sama seperti dalam pengurangan cara penyelesaiannya.


4. Transposing



Transposing atau disebut juga tukar posisi atau ubah posisi. Maka semua angka yang berada di baris row pertama berubah menjadi berada di kolom paling kanan, begitu terus berturut - turut di baris row berikutnya.




5. Notasi

Dalam notasi, Nilai pada Matriks biasanya ditunjukkan dengan huruf kapital (seperti A, B atau C dan seterusnya). Dan setiap elemen dalam Matriks atau entri ditunjukkan oleh huruf kecil dengan posisi "subskrip" dalam baris angka dan kolom angka:




Contoh sederhana pada gambar di bawah ini ysng menunjukkan Nilai dan angka - angka elemen Matrik


A1,1 = angka di row ke-1 dan kolom ke-1 = 7


A1,2 = angka di row ke-1 dan kolom ke-2 = 8


A1,3 = angka di row ke-1 dan kolom ke-3 = 9


Dan seterusnya




Dari contoh - contoh diatas, ini mudah - mudahan dapat memberikan gambaran umum pemahaman perhitungan pada Matriks, berbagai variasi dalam kurikulum materi matriks kelas 11, matriks ordo, matriks nol, matriks baris, matriks identitas.





Matriks Matematika ini adalah basik sebagai pengenalan bahasa pemrograman dalam pembuatan berbagai aplikasi termasuk gps atau google maping, dimana bahasa pemrograman pada aplikasi didalamnya itu nerawal dari dasar - dasar dari Matriks.



Semoga bermanfaat









DMCA.com Protection Status

Tuesday 1 October 2019

Matriks - FunMTK

Matriks - FunMTK


Matriks adalah cabang Matematika dari perhitungan aljabar yang menggabungkan hukum aritmatika, yaitu hukum persamaan linear dalam sistem asosiasi dan distribusi. Pertama kali diperkenalkan pada abad pertengahan oleh James Sylvester. Kemudian Arthur Caley adalah orang yang pertama kali memperkenalkan metode linear dalam dimensi ruang.






Matriks adalah susunan angka dalam susunan baris dan kolom yang membentuk dimensi array persegi. Angka dalam matriks adalah elemen matriks. Teori ini kemudian memberi gagasan dalam pembuatan berbagai aplikasi dalam teknik untuk menentukan luas bidang.


Beberapa aplikasi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari adalah dalam perhitungan fisika, dalam ekonomi pada statistika, Kemudian terus berkembang dalam membuat grafik komputer, terus berkembang yang kemudian dikenal dengan sel excel hasil pengembangan WYSIWYG. Kemudian digunakan dalam menentukan lokasi (explorasi).


Disini kami ingin menjelaskan tentang perhitungan Matriks, yang mungkin agak berbeda dengan susunan kerangka materi matriks dari kurikulum Sekolah.


Matriks muncul secara alami dalam sistem persamaan simultan. Dalam sistem berikut untuk x dan y yang tidak diketahui, contoh:


3x + 5y = 24
2x + 4y = 15


Maka array matriksnya


  3      5
{            }
  2      4



Penambahan



Dalam penambahkan dua matriks caranya menjumlahkan angka di posisi yang sama :








To be Continue...here








DMCA.com Protection Status