Sunday 11 August 2019

Kenapa Sebagian Anak Tidak Suka Pelajaran Matematika

Kenapa Sebagian Anak Tidak Suka Pelajaran Matematika


Kenapa tidak semua anak suka pelajaran matematika?


Bahkan sebagian anak yang tumbuh menjadi remaja membenci pelajaran matematika. Dan sebagiannya terpaksa untuk menyukai matematika karena takut nilai raport kecil, kemudian mereka mendatangi bimbingan belajar yang bisa membantu kesulitan mereka.





Hal yang sederhana yang menjadi akar masalahnya adalah salah dalam membuat program pendidikan nasional. Sejak di bangku TK siswa langsung diajarkan berhitung. Kemudian masuk kelas 1 SD dijejali berhitung juga, dan terus dijenjang berikutnya pun mereka diberi materi yang seakan - seakan mereka bisa hebat dengan materi rumusan yang banyak. Dan sedangkan pengajarnya pun hasil dari produk yang sama.


Hasilnya, mungkin sebagian berhasil memahami rumusan matematika yang diterimanya, akan tetapi mereka sesungguhnya tidak mengerti sama sekali tujuan rumusan itu untuk apa dalam kehidupan sehari - hari dan dalam bidang apa nantinya ini diaplikasikan. Itulah persoalan inti kenapa mereka cenderung menghindari pelajaran matematika.


Dilihat dari berbagai soal hasil yang salah dalam mengetrapkan sebuah program pendidikan nasional adalah yang dikejar adalah nilai, bukan ilmu. Itu sangat terlihat dari berbagai soal khususnya soal rumusan bidang. Dibuat ukuran gambar bidang yang tidak kongruen dengan ukuran pada soal pertanyaan. Jadi bukannya problem cari bocoran soal yang membuat anak mengejar nilai, tapi juga ada hal mendasar seperti ini.


Mereka para pengambil kebijakan mungkin berpikir, bahwa materi matematika itu pelajaran berhitung. Inilah yang salah, karena sesungguhnya, matematika itu melatih intuisi logika yang hasil akhirnya mereka mampu mengimajinasikan sebuah gambar kedalam rumusan dan atau sebaliknya. Dimana matematika adalah ilmu pasti, sehingga semua gambar atau semua rumusan dari semua bidang memberikan bentuk kepastian pada perujudannya saat dibangun, tidak hasil kira - kira.


Itulah problematika yang terjadi di Indonesia, mengapa dari tahun ke tahun hasilnya sama, tidak semua orang jadi suka ilmu matematika. Itu karena sejak dini mereka dijejali hitungan dan rumusan.


Dan ada hasil survey mengatakan nilai orang Indonesia paling rendah di Asia, itu bukan salah siswa, tapi sepertinya ada yang salah dalam menyiapkan materi, tahapan materi berdasarkan jenjang kelas dan metode pengajaran




Seharusnya, seorang anak sejak dini ditumbuhkan nalar intuisinya, dengan mengenal bentuk dan bidang. Terus meningkat ke pengenalan gambar jauh dan dekat dalam dua dimensi, terus meningkat menjadi gambar tiga dimensi dalam media dua dimensi. Dan itu harusnya terus diajarkan hingga kelas 6 SD.


Kemudian mereka, diajarkan menyelesaikan masalah secara mandiri. Namun ini akan tipis perbedaannya dengan pemberian PR. PR bukan solusi membuat peningkatan hasil pendidikan anak. Mereka harus dikembangkan pertumbuhan yang seimbang antara otak kiri dan otak kanannya.


Sebagai penutup, untuk merangsang kembali gairah anak terhadap pelajaran matematika, pertama yang harus dilakukan adalah membenahi kembali orientasi pendidikan nasional terutama pelajaran matematika.


Semoga bermanfaat.




Penulis:

Ahmad Hanafiah
CEO CTES







CTES
Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.
https://www.elog-bimbel.id



DMCA.com Protection Status

Cara Hitung Cepat Perkalian Tiga Puluhan

Cara Hitung Cepat Perkalian Tiga Puluhan


Sekarang CTES akan membahas menghitung cepat untuk perkalian tiga puluhan. Dan sebelumnya kami sampaikan siapapun yang menyadur atau mengkopi semua materi rumusan matematika diblog CTES tanpa seizin CTES, CTES melalui DMCA akan menuntut secara hukum. melanjutkan materi sebelumnya.





Pada postingan beberapa bulan yang lalu, CTES telah berbagi cara hitung cepat untuk perkalian puluhan dan dua puluhan. Jadi hari ini sebagai kelanjutannya, yaitu untuk perkalian tiga puluhan.



Cara hitung cepat semua angka tiga puluhan seperti itu sangat mudah, dan rumusannya pun sama dengan rumusan yang sudah diberikan sebelumnya, yaitu untuk angka dua puluhan. CTES akan memberikan cara cepatnya tanpa menggunakan kotretan ataupun kalkulator. Contoh untuk perkalian 32 × 32, 33 × 33, 34 × 34, 35 × 35, 36 x 36.


32 × 32


Untuk mengisi angka terakhir, kalikan angka terakhir dua bilangan satuannya yaitu angka 2, 2 x 2, hasilnya 4, angka terakhir 4, letakkan di angka terakhir


32
32
___
..4


Untuk angka puluhan atau angka tengahnya jumlahnya angka kalikan kedua angka puluhan dan satuan, lalu tambahkan keduanya, (3 × 2) + (3 × 2). Hasilnya 12, angka satuan 2 simpan sebagai angka tengah atau angka puluhan. Sedangkan angka puluhan satu, disimpan di angka pertama atau ratusannya.


32
32
___
.24


Angka ratusannya, kalikan angka puluhannya dan tambahkan dengan angka satu dari angka puluhan hasil perhitungan angka puluhan atau angka tengah, ( 3 × 3 ) + 1 = 10.


   32
   32
_____
1024



Selanjutnya 33 × 33


Untuk 33 × 33, ini juga sama, kalikan kedua angka satuan sebagai angka terakhir atau angka satuan dari hasil perkalian, yaitu 3 × 3 = 9.


33
33
___
..9


Untuk angka puluhan atau angka tengahnya jumlahnya angka kalikan kedua angka puluhan dan satuan, lalu tambahkan keduanya, (3 × 3) + (3 × 3). Hasilnya 18, angka satuan 8 simpan sebagai angka tengah atau angka puluhan. Sedangkan angka puluhan satu, disimpan di angka pertama atau ratusannya.


33
33
___
.89


Angka ratusannya, kalikan masing - masing angka puluhannya dan tambahkan dengan angka satu dari angka puluhan hasil perhitungan angka puluhan atau angka tengah, ( 3 × 3 ) + 1 = 10.


   33
   33
_____
1089



Selanjutnya 34 × 34


Untuk angka satuan, kalikan angka 4 x 4 = 16. Angka terakhir, yaitu 6, letakkan diangka satuan.


34
34
___
..6


Untuk angka puluhan, kalikan masing - masing angka puluhan dengan satuannya dan tambahkan angka satu dari pulugan hasil perkalian satuannya, (3 × 4) + ( 3 × 4) + 1 = 25. Angka terakhir 5 simpan di angka puluhan atau angka tengah dan untuk 2 angka puluhan di simpan di angka ratusan atau angka pertama



34
34
___
.56


Untuk angka ratusan, kalikan angka puluhan dan tambahkan dengan angka puluhan dari perkalian sebelumnya, ( 3 × 3 ) + 2 = 11. Simpan angka 11 diangka ratusan atau angka pertama



   34
   34
_____
1156



Selanjutnya 35 × 35


Untuk angka puluhan, kalikan angka satuannya 5 × 5 = 25. Simpan angka 5 sebagau hasil perkalian 35 × 35 untuk angka satuannya. Dan angka 2 untuk puluhan di simpan hasil perkalian untuk angka puluhannya yang nanti dijumlahkan untuk perhitungan penentuan angka puluhan atau angka tengah.


35
35
___
..5




Untuk angka ratusan, kalikan masing - masing angka puluhan dengan angka satuan dan tambahkan dengan angka 2 dari perhitungan angka satuan tadi, (3 × 5 ) + ( 3 × 5 ) 2 = 32. Kemudian dengan angka 2 dari angka satuan hasil perhitungan, simpan di angka puluhan atau angka tengah.


35
35
___
.25



Untuk angka ratusan, kalikan angka puluhan dan tambahkan dengan angka puluhan dari perkalian sebelumnya, ( 3 × 3 ) + 3 = 11. Simpan angka 11 diangka ratusan atau angka pertama.


   35
   35
_____
1225


Selanjutnya 36 × 36


Silahkan coba sendiri sebagai latihan


Semoga bermanfaat.


CTES
Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.
https://www.elog-bimbel.id



DMCA.com Protection Status

Sunday 17 March 2019

Hitung Cepat Persamaan Linier

Cara Hitung Cepat Perkalian Dua Puluhan


Persamaan linear matematika sering diterap dalam kehidupan, contoh untuk menentukan pengupahan karyawan, biaya perjalanan, harga dan lain - lain. Secara umum arti Linier adala garis yang sama lurusnya namun berbeda pada ukurannya. Sehingga dalam linier ada konstanta dan variebel untuk menentukan perbandingan linier satu garis dengan garis lainnya.






Satu contoh persamaan linier untuk :

Y = - 2X - 5
Y = X2 - 14X + 30


Perhitungan untuk persamaan linier adalah menggunakan metode eliminasi dan substitusi. Untuk contoh di atas, ada garis Y = X2 - 14X + 30 tidak sempurna dalam perhitungan. Ketika dipadukan dengan Y = -2X - 5 dengan metode eliminasi menjadi sempurna.


Y = X2 - 14X + 30
Y = - 2X - 5
------------------- -
Y = X2 - 12X + 35


Y = X2 - 12X + 35 adalah persamaan bulat, karena hasilnya ;

(X - 5)(X - 7).

X= 5 dan X = 7

X= 5 --> Y = - 2(-5) - 5 = 5 ---> (5,5)
X= 7 --> Y = - 2(-7) - 5 = 9 ---> (7,9)


Apakah ada cara lain yang dapat lebih cepat menjawab soal diats?


Jawabnya ada.


Lihat pada persamaan pertama Y = - 2X - 5. Variabel 2 dan 5, ini selisih garis linier X dan Y. X bisa 5 dari variabel bebas dan 7 dari jumlah 2 dan 5.


Untuk Y, hasil pengurangan atau eliminasi -2 dan - 14 adalah - 12. Dan untuk - 5 dan 30 adalah 35. Dimana 7 ditambah 5 sama dengan 12, dan 5 dikalikan 7 sama dengan 35.


Angka 5 dan 7 sebagai variabel angka minus x menjadi linier dimasukan pada persamaan yang pertama. Hasilnya menghasilkan persamaan Y sama dengan 7 dan 9.




Satu hal yang harus dipahami, bahwa jika persamaan linier bertingkat memilik banyak perubahan, maka untuk menyederhanakan dengan mengubah sistem persamaan linear yang ada ke dalam bentuk matriks. Maka matriks tersebut dalam bentuk matriks eselon baris tereduksi untuk mendapatkan penyelesaian dari SPL.


Pada proses eliminasi dengan berbagai cara, yaitu dengan mengalikan suatu baris dengan konstanta tak nol, pertukaran dua buah baris, menambahkan kelipatannya pada suatu baris ke baris lainnya.


Semoga bermanfaat.


CTES
Jl. Ciheuleut NO.26 RT.02 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.
https://www.elog-bimbel.id



DMCA.com Protection Status

Friday 15 March 2019

Cara Hitung Cepat Perkalian Dua Puluhan

Cara Hitung Cepat Perkalian Dua Puluhan


Hari ini melanjutkan materi sebelumnya, yaitu menghitung cepat perkalian. Jika pada materi sebelumnya yang dibahas untuk hitung cepat angka puluhan, maka sekarang untuk menghitung cepat angka dua puluhan.



Cara hitung cepat angka dua puluhan seperti itu sangat mudah. CTES akan memberikan caranya. Contoh untuk perkalian 24 × 24, 25 × 25, 26 × 26, 27 × 27, 28 x 28.


24 × 24


Kalikan 4 x 4, hasilnya 16, angka terakhir 6, letakkan di angka terakhir


24
24
___
..6




Untuk angka puluhan, jumlahnya angka 4 + 4 = 8. Kemudian 1 puluhan dari hasil perkalian tadi (4 × 4), tambahkan dengan angka 8 puluhan hasil penjumlahan 4 + 4. Kemudian Hasilnya 8 + 1 = 9, tambahkan dengan hasil 2 x 4 = 8, jadi 8 + 9 = 17. Kemudian angka terakhir, yaitu 9 letakkan di angka puluhan.


24
24
___
.76


Angka ratusannya, jumlahkan 2 + 2 = 4. Dan jumlahkan lagi dengan angka 1 puluhan dari hasil penjumlahan 1 + 8 + 9 tadi. Jadi hasilnya 1 + 4 = 5. Kemudian angja 5 Letakkan sebagai angka ratusan


24
24
___
576


Selanjutnya 25 × 25


Untuk 25 × 25, ini yang sering diajarkan ya, secara umum sudah pada tahu, yaitu 625.


Selanjutnya 26 × 26


Untuk angka satuan, kalikan angka 6 x 6 = 36. Angka terakhir, yaitu 6, letakkan diangka satuan.


26
26
___
..6


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 6 + 6 = 12. Angka terakhir, yaitu 2, jumlahkan dengan angka 3 puluhan hasil dari perkalian 6 × 6 tadi. Lalu jumlahkan angka terakhir (angka satuannya) dari hasil 2 x 6 = 12, yaitu menjadi 2 + 3 + 2 = 7. kemudian letakkan angka 7 di angka puluhan.



26
26
___
.76


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 2 + 2 = 4. Kemudian tambahkan lagi dari angka puluhan hasil penjumlahan ( 6 + 6 ) + ( 2 × 6 ) = 24, hasilnya 4 + 2 + = 6. letakkan angka 6 diangka ratusan.



26
26
___
676



Selanjutnya 27 × 27


Untuk angka satuan, kalikan angka 7 x 7 = 49. Angka terakhir, yaitu 9, letakkan diangka satuan.


27
27
___
..9


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 7 + 7 = 14. Tambahkan angka 4 dengan angka 4 puluhan hasil perkalian 7 × 7. Angka terakhir, hasilnya 8, jumlahkan lagi dengan angka satuan dari hasil 2 x 7 = 4, jadi 8 + 4 = 12. letakkan angka 2 diangka puluhan.


27
27
___
.29


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 2 + 2 = 4. Kemudian dengan angka 3 dari puluhan hasil penjumlahan 4 ( dari angka puluhan hasil kali 7 × 7) dengan hasil dari 7 + 7 = 14, dan 2 x 7 = 14 hasilnya 4 + 14 + 14 = 32. Maka angka 3 jumlahkan dengan angka 4 hasil dari 2 + 2 tadi. Jadi 4 + 3 = 7. Letakkan angk 7 diangka ratusan.


17
17
___
729




Selanjutnya 28 × 28


Untuk angka satuan, kalikan angka 8 x 8 = 64. Angka terakhir, yaitu 4, letakkan diangka satuan.


28
28
___
..4


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 8 + 8 = 16. Tambahkan angka 6 dengan angka 6 puluhan hasil perkalian 8 × 8. Kemudian tambahkan dengan angka terakhir dari hasil perkalian dari 2 x = 16. Jadi 6 + 6 + 6 = 18. Maka angka terakhirnya 8. Letakkan angka 8 diangka puluhan.


28
28
___
.84


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 2 + 2 = 2. Tambahkan lagi dengan angka puluhan hasil penjumlahan 6 + (8+ 8) + (2 × 8) = 38. Maka 3 dari angka puluhan, jumlahkan dengan angka 4 tadi, 3 + 4 = 7. Kemudian letakkan angka 7 diangka ratusan.


18
18
___
784

Untuk contoh lainnya, seperti 29 × 29, 22 + 29 dan seterusnya, Anda dapat melakukan eksperimen sendiri.


Semoga bermanfaat.


CTES
Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.
https://www.elog-bimbel.id



DMCA.com Protection Status



Wednesday 13 March 2019

Cara Hitung Cepat Perkalian Puluhan

Cara Hitung Cepat Perkalian Puluhan


Menghitung cepat perkalian, yang diajarkan adalah perkalian dengan angka kelipatan 5, seperti 15 × 15, 15 × 25, 25 × 25 dan seterusnya. Terus bagaimana untuk perkalian 14 × 14, 16 x 16, 17 x 17 rts, tanpa menggunakan kalkulator atau mengkotretnya?




14 × 14




Kalikan 4 x 4, hasilnya 16, angka terakhir 6, letakkan di angka terakhir


14
14
___
..6


Untuk angka puluhan, jumlahnya angka 4 + 4 = 8. Kemudian 1 puluhan dari hasil perkalian tadi (4 × 4), tambahkan dengan angka 8 puluhan hasil penjumlahan 4 + 4. Hasilnya 8 + 1 = 9. Kemudian tersebut letakkan di angka puluhan.


14
14
___
.96


Angka ratusannya tetap 1. Karena penjumlahan 4 + 4 tidak menghasilkan angka puluhan. Letakkan angka 1 sebagai angka ratusan


14
14
___
196


Selanjutnya 16 × 16


Untuk angka satuan, kalikan angka 6 x 6 = 36. Angka terakhir, yaitu 6, letakkan diangka satuan.


16
16
___
..6


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 6 + 6 = 12. Angka terakhir, yaitu 2, jumlahkan dengan angka 3 puluhan hasil dari perkalian 6 × 6 tadi. Hasilnya 5, kemudian letakkan di angka puluhan.



16
16
___
.56


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 1 + 1 = 2. Kemudian letakkan diangka ratusan.



16
16
___
256



Selanjutnya 17 × 17


Untuk angka satuan, kalikan angka 7 x 7 = 49. Angka terakhir, yaitu 9, letakkan diangka satuan.


17
17
___
..9


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 7 + 7 = 14. Tambahkan angka 4 dengan angka 4 puluhan hasil perkalian 7 × 7. Angka terakhir, hasilnya 8, letakkan diangka puluhan. Sedangkan angka 1 simpan di angka ratusan yang nanti sebagai penambahan jumlah untuk ratusan.


17
17
___
.89


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 1 + 1 = 2. Kemudian letakkan diangka ratusan.


17
17
___
249


Selanjutnya 18 × 18


Untuk angka satuan, kalikan angka 8 x 8 = 64. Angka terakhir, yaitu 4, letakkan diangka satuan.


18
18
___
..4


Untuk angka puluhan, jumlahkan angka 8 + 8 = 16. Tambahkan angka 6 dengan angka 6 puluhan hasil perkalian 8 × 8. Angka terakhir, hasilnya 2, letakkan diangka puluhan. Sedangkan angka 1 sebagai angka puluhan hasil perkalian 8 × 8, simpan di angka ratusan yang nanti sebagai penambahan jumlah untuk ratusan.


18
18
___
.24


Untuk angka ratusan, jumlahkan angka puluhan angka 1 + 1 = 2. Tambahkan lagi dengan angka 1 puluhan dari perkalian 8 × 8 tadi. Hasilnya 2 + 1 = 3. Kemudian letakkan diangka ratusan.


18
18
___
324




Untuk contoh lainnya, Anda dapat melakukan eksperimen sendiri.


Semoga bermanfaat.


CTES
Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.
http://www.elog-bimbel.id



DMCA.com Protection Status

Friday 1 February 2019

Pendaftaran SNMPTN Telah Di Buka Tanggal 4 Februari 2019

Pendaftaran SNMPTN Telah Di Buka Tanggal 4 Februari 2019


Ristekdikti telah merilis disitusnya, pendaftaran SNMPTN untuk tahun 2109 telah dibuka pertanggal 4 Februari sampai dengan 14 februari 2109, untuk pengumuan hasil seleksi akan dirilis tanggal 23 Maret 2019.





Untuk mendaftarkan SNMPTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi, dapat dilakukan secara online melalui situs http://www.snmptn.ac.id, pada bar kolom pendaftaran di situs tersebut, atau ke https://web.snmptn.ac.id. Pada halaman ini Anda dapat melakukan login dengan memasukan NISN dan Password yang diterima saat verifikasi PDSS, Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.



Karena batas waktu pendaftaran yang disediakan hanya 10 hari, dari mulai senin, 4 Februari sampai dengan hari kamis 14 Februari 2019, tentunya diharapkan informasi ini dapat membantu siswa yang sudah terverifikasi PDSS, sehingga tidak terlewatkan kesempatan emas ini:


Disitus Ristekdikti pun Anda dapat melihat daftar PTN yang terdaftar menerima jalur SNMPTN dengan mengklik http://www.snmptn.ac.id/ptn.html


CTES bekerja sama dengan Parahyangan Bimbel, membuka kesempatan emas bergabung ikut bimbingan belajar persiapan SBMPTN 2019, dengan misi utama adalah dapat kuliah di Universitas Negeri atau PTN.


Pendaftaran bimbingan belajar online persiapan SBMPTN 2019 dibuka mulai 1 Februari 2019, dengan cara langsung melalui link kami, yaitu https://www.elog-bimbel.id/sbmptn. Atau bisa langsung daftar ke sini menggunakan ponsel, untuk yang menggunakan desktop /pc/laptop, aktifkan web whatsapp di desktop/pc/laptop, kemudian klik ini


Atau untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi, Anda dapat berkunjung ke tempat kami:


Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.



DMCA.com Protection Status

Wednesday 30 January 2019

CTES Membuka Latihan Persiapan SOC 2019

CTES Membuka Latihan Persiapan SOC 2019


SMAKBO OPEN CHAMPIONSHIP atau SOC adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh SMAKBO. SOC adalah lomba cepat tepat ilmiah untuk tk. SLTP se jawa Barat dan Sumatera.


Untuk tahun 2019, situs smakbo telah mulai memberikan informasi pembukaan yang dapat Anda baca di sini





Dari informasi situs SMAKBO, untuk SOC tahun 2019, hadiah yang akan diperebutkan :


  • Juara 1, berhak atas:
    1. Piala Bergilir dan Piala Tetap Menteri Perindustrian RI
    2. Uang Pembinaan sebesar Rp 3.000.000
    3. Piagam Penghargaan Menjadi siswa/i SMK-SMAK Bogor tanpa test* (khusus peserta siswa/i kelas 9)


  • Juara 2, berhak atas:
    1. Piala Tetap dari Kepala Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian RI
    2. Uang Pembinaan sebesar Rp 2.000.000 Piagam Penghargaan
    3. Piagam Penghargaan Menjadi siswa/i SMK-SMAK Bogor tanpa test* (khusus peserta siswa/i kelas 9)


  • Juara 3, berhak atas:
    1. Piala Tetap Walikota Bogor Uang Pembinaan sebesar Rp 1.500.000
    2. Piagam Penghargaan Menjadi siswa/i SMK-SMAK Bogor tanpa test* (khusus peserta siswa/i kelas 9)


  • Juara harapan, berhak atas:
    1. Piala Tetap Kepala SMK-SMAK Bogor Uang Pembinaan sebesar Rp 1.000.000
    2. Piagam Penghargaan Menjadi siswa/i SMK-SMAK Bogor tanpa test* (khusus peserta siswa/i kelas 9)




  • Peserta yang memperoleh nilai tertinggi akumulasi pada babak penyisihan mendapatkan :
    1. Piala Tetap Panitia SOC Eksakta 2019, Piagam Penghargaan
    2. Menjadi siswa/i SMK-SMAK Bogor tanpa test* (khusus peserta siswa/i kelas 9)


Wow, luar biasa!!


Kami memberi tinta hijau pada bagian hadiah diatas.


Dan dari informasi yang kami terima dari panitia SOC, undangan akan disebar akhir Februari 2019, ke Sekolah Menengah Pertama di Jawa Barat dan Sumatera.


CTES bekerja sama dengan Elog Bimbel, membuka kesempatan emas bergabung untuk persiapan lomba SOC dengan misi utama adalah dapat melanjutkan sekolah ke SMAKBO, seperti pada kalimat bertinta hijau di setiap peringkat hadiah yang diberikan oleh SMAKBO.


Pendaftaran online dibuka mulai 31 Januari 2019, dengan cara langsung melalui link kami, yaitu https://www.elog-bimbel.id. Atau bisa langsung daftar ke sini menggunakan ponsel, untuk yang menggunakan desktop /pc/laptop, aktifkan web whatsapp di desktop/pc/laptop, kemudian klik ini


Atau untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi, Anda dapat berkunjung ke tempat kami:


Jl. Ciheuleut NO.10A RT.06 RW.08 Baranang Siang Kec. Bogor Timur, Kota Bogor 16143.

Monday 28 January 2019

Bimbel Online Persiapan Tes Tertulis Masuk SMK SMAK Bogor

Bimbel Online Persiapan Tes Tertulis Masuk SMK SMAK Bogor


SMK - SMAK Bogor atau yang dulu dikenal dengan SMAKBO - SAKMA, telah membuka pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2019 - 2020. Pendaftaran itu sendiri dibuka secara online, melalui situs http://ppdb.smakbo.sch.id/2019. Cara pendaftaran dapat Anda lihat kembali disini. Dan kami CTES membuka bagi siswa - siswi bimbingan belajar khusus persiapan masuk SMAKBO online dan offline.



Pendaftaran bimbingan belajar online dan offline persiapan tes tertulis masuk smakbo telah dibuka sejak awal Januari 2019, cara mendaftar, dapat langsung melalui link kami, yaitu https://www.elog-bimbel.id. Atau bisa langsung daftar ke sini menggunakan ponsel, untuk yang menggunakan desktop /pc/laptop, aktifkan web whatsapp di desktop/pc/laptop, kemudian klik ini

Bimbingan belajar online persiapan tes tertulis masuk SMAKBO, hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi diluar Jabodetabek. Kami membuatkan program khusus bimbingan online ditambah simulasi soal - soal yang diberikan terlebih dahulu solusi penyelesaiannya. Setiap simulasi dievalusasi hingga dianggap siswa sudah mampu dan siap menghadapi tes tertulis masuk smakbo berdasarkan kriteria standar yang sudah kami tetapkan.


Biaya untuk bimbingan belajar online sebesar Rp. 1,5 juta. Kami menyediakan kuota terbatas untuk peserta bimbingan online, hanya maksimum 100 siswa saja.


Bimbingan belajar diberikan dengan media app Whatsapp dengan bahan materi salah satunya menggunakan video. Bimbingan belajar online persiapan tes tertulis masuk SMAKBO pun, sekaligus juga merangkap ke persiapan UNBK.


Diharapkan dengan hadirnya kami, CTES BINA dan situs CTES, dapat membantu meningkatkan kemampuan nalar exacta dan mempermudah jalan ke arah cita - cita yang yang mereka idam - idamkan.



DMCA.com Protection Status

Tuesday 22 January 2019

Tips Cara Melakukan PPDB SMAKBO Online

Tips Cara Melakukan PPDB SMAKBO Online


Visi Elog Bimbel"Ikut serta berperan aktif mencerdaskan kehidupan Bangsa" 



Misi Elog Bimbel"Ke dalam
Membangun karakter Analis Kimia yang tangguh, mandiri dan praktif yang anti remed dan anti cari bocoran soal
Ke luar
Membangun siswa/i SMP, SMA berprestasi di Skolah dan Lomba Sains tk.I Nasional dan berakhlak budi pekerti mulia"


Apa itu PPDB SMK-SMAK Bogor?


PPDB singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru, jadi PPDB SMK-SMAK Bogor adalah penerimaan peserta didik baru smakbo. dimana pendaftaran itu sendiri dilakukan secara online. Dan proses penerimaan melalu tiga jalur, yaitu nilai raport, pemenang Lomba SOC yang di selenggarakan SMK - SMAK Bogor dan hasil nilai tes.


SMAK - SMAK Bogor dalam seleksi siswa baru  tahun 2019, ada 3 prosses seleksi, yaitu:


  1. Pendaftaran jalur Raport atau minat dan prestasi

  2. Pendaftaran jalur SMAKBO SOC.

  3. Pendaftaran jalur tes tertulis.


Ketiga proses tersebut, dapat dilakukan pendaftaran secara online dan sistem pendaftaran online yang dibuat SMAKBO adalah sistem seleksi auto. Anda dapat mendaftarkan melalui jalur raport, jika nilai atau data yang diinput tidak memenuhi syarat maka secara otomatis sistem menolak untuk menyimpan, dan Anda masih dapat melakukan pendaftaran selanjutnya dengan mengubah jalur seleksi ke seleksi jalur tes tertulis.




Untuk melakukan pendaftaran PPDB SMK - SMAK Bogor dapat langsung ke http://ppdb.smkabo.sch.id/2019 atau melalui situs Elog Bimbel  di : https://www.elog-bimbel.id.


Elog Bimbel adalah bimbingan belajar yang membantu siswa-i yang berminat masuk SMAKBO, dengan menyiapkan mereka, siap menempuh jalur tes tertulis dengan melakukan pembinaan dan simulasi soal, dengan penyelesaian yang ringkas dan sangat mudah untuk dipahami oleh semua tingkatan kemampuan daya serap belajar siswa -i. Sehingga diharapkan dapat membantu siswa-i yang akan menempuh ujian tertulis penerimaan siswa baru SMK-SMAK Bogor.