Wednesday, 18 December 2019

Matematika itu Simple

Matematika Itu Simple


Matematika itu simple, disebut simple karena rumusan matematika itu rumit. Jadi matematika simple sama dengan matematika itu rumit. Dengan kata lain matematika itu rumit sama dengan matematika itu simple. Dua nilai paradok ini memberi arti, didalam kerumitan rumus matematika ada dalam penyelesaiannya. Dan kerumitan itu akan jadi simple jika diketahui formula dalam penyelesaian. Seperti contoh penyelesaian penjumlahan poli variasi di bawah ini




Dapatkah kita menyelesaikan dua persamaan di bawah ini?


1. 27 : 3 (3 + 3) = ?


2. 4 - 2 : 1/2 + 1 = ?


Kita coba selesaikan satu persatu.


Untuk menyelesaikan soal pertama, terlebih dahulu Anda selesaikan yang ada di dalam kurung terlebih dahulu (3 + 3), untuk hasil sembilan. Kemudian Anda harus menghitung satu kelompok 3(9). 3(9) adalah operasi perkalian. Untuk lengkapnya lihat di bawah ini


(3 + 3) = 9


3(9) = 27


27 : 27


1


Jadi jawabannya untuk soal 27 : 3(3+3) = 1. Kita lanjut ke masalah kedua.





Untuk menyelesaikan soal yang kedua, caranya Anda harus menulis ekspresi yang mengelompokkan seperdua sebagai satu kelompok, dimana dua dibagi dengan seperdua sama dengan empat. Di sini sekarang kita sudah mendapatkan memiliki empat minus empat, kita lihat caranya di bawah ini


4 - (2 : 1/2) + 1 = ?


4 - (2 × 2) + 1 = ?


4 - 4 + 1 = ?


1


Jadi sudah bisa kita dapatkan untuk soal kedua hasilnya 1 juga


Semoga bermanfaat




Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Tuesday, 17 December 2019

Ketentuan PPDB SMP - SMA - SMK Tahun 2020

Ketentuan PPDB SMP - SMA - SMK Tahun 2020


Pertanggal 10 Desember 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 2020, yang didalamnya mengatur tentang jalur kuota Zonasi dan Afirmasi.




Menurut penjelasan Mendikbud Nadiem Makarim dari peraturan yang telah dikeluarkannya, pada tanggal 10 Desember 2019, bahwa peraturan tersebut di dalamnya masih menjalankan kebijakan zonasi. Hanya saja, kuota zonasi turun menjadi 70 persen, dari sebelumnya 80 persen.


Berikut persyaratan umum SMP dan SMA dan syarat masuk SMP dan syarat masuk SMA



Syarat umum SMP dan SMA



  1. Untuk syarat usia harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.


  2. Bagi warga negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing (WNA) yang ingin daftar PPBD kelas 7 dan 10 serta berasal dari sekolah di luar negeri, selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud, juga wajib mendapatkan surat keterangan dari direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan dasar dan menengah.


  3. Selain itu, peserta didik WNA wajib mengikuti matrikulasi pendidikan Bahasa Indonesia paling singkat 6 bulan yang diselenggarakan oleh sekolah yang bersangkutan.
  4. Khusus calon peserta didik penyandang disabilitas di sekolah juga dikecualikan dari syarat usia serta ijazah atau dokumen lain. Hal ini diatur dalam Pasal 10.



Syarat Masuk SMP 



  1. Berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.


  2. Memiliki ijazah SD/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 SD.



Syarat Masuk SMA dan SMK



  1. Berusia paling tinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.


  2. Memiliki ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 SMP.


  3. Sedangkan persyaratan bagi calon siswa SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10.





Monday, 16 December 2019

Pengenalan Kimia Fisika Bagian I

Pengenalan Kimia Fisika Bagian I



Kimia Fisik?


Kenapa disebut kimia Fisik bukan fisika kimia?


Masalah utamanya, disebut Kimia Fisika, karena yang menjadi pokok pembahasannya Ilmu Kimia, yaitu perubahan ujud berdasarkan teori fisika. Jadi dapat dijabarkan, bahwa Ilmu Kimia fisik adalah cabang ilmu kimia yang memadukan prinsip-prinsip fisika dan kimia untuk mempelajari karakteristik fisik atau sifat materi, atom dan molekul.





Lalu terbesit lagi satu pertanyaan, kenapa Ilmu Kimia fisika dipelajari?


Untuk pendekatannya, dalam kehidupan sehari - hari kita sering melihat reaksi kimia. Contohnya pembuatan adonan kue atau roti, nyala korek api, memanggang makanan, pembuatan bubur nasi, aki motor dan lain - lain. Kesemuanya terjadi perubahan fisik, juga didalamnya suatu reaksi terjadi.


Pada beberapa contoh di atas, ada reaksi yang menghasilkan panas, ada yang bereaksi dengan cepat ada juga yang berjalan lambat. Kemudian muncul lagi satu pertanyaan, bagaimana reaksi itu berlangsung, berapa lama waktu yang dibutuhkan, berapa suhu yang dilepaskan ?


Kesemua pertanyaan ini dan banyak lagi, hanya dapat diselesaikan dalam bidang kimia fisik. Dengan Ilmu Kimia Fisika, kita menjadi bisa memahami sifat-sifat materi, Anda akan belajar banyak tentang cara molekul disatukan, disintesa dengan reaksi kimia, serta bagaimana struktur aktual suatu bahan kimia dipengaruhi oleh sifat-sifat zat dan karakeristiknya.


Dalam bidang kimia fisik, kita dapat meneliti bagaimana molekul atau atom bergabung membentuk molekul tertentu. Kita juga dapat belajar tentang sifat-sifat materi yang berbeda, seperti mengapa suatu senyawa terbakar atau tentang kemampuannya untuk mengubah dari zat cair menjadi zat padat. Dengan begitu tidak diragukan lagi, bidang ini sangat penting dalam dunia sains, terutama karena membuka jalan bagi penemuan teori baru.


Teori / Ilmu adalah penjelasan yang diajukan tentang apa yang mungkin terjadi di dunia kita menggunakan metode ilmiah. Sebagai contoh, sebuah teori dapat mencoba menjelaskan mengapa atom-atom tertentu dalam molekul berperilaku dengan cara tertentu.


Selain tujuan utama ini, kimia fisik menawarkan banyak cabang dalam bidang yang memiliki tujuan unik mereka sendiri. Penjabaran cabang ilmu fisika terbagi kedalam beberapa pembahasan berikut ini:


  1. Elektrokimia

    adalah cabang kimia fisik yang bertanya bagaimana atom, elektron, dan ion bereaksi dalam arus listrik?

    Elektrokimia adalah studi tentang listrik dan bagaimana hubungannya dengan reaksi kimia. Dalam elektrokimia, listrik dapat dihasilkan oleh pergerakan elektron dari satu elemen ke elemen lainnya dalam reaksi yang dikenal sebagai redoks atau reaksi reduksi oksidasi.




  2. Fotokimia

    Bertanya apa yang terjadi ketika Anda menggunakan cahaya dalam reaksi kimia?

    Fotokimia adalah mempelajari reaksi fotokimia, reaksi kimia tentang penyerapan energi dalam bentuk cahaya. Konsekuensi dari cahaya yang menyerap molekul adalah terciptanya keadaan tereksitasi sementara kondisi zat / materi / atom / molekul memiliki sifat kimia dan fisiknya sangat berbeda dari sifat zat / materi / atom / molekul aslinya.


  3. Termokimia

    Bertanya mengapa reaksi kimia ini menghasilkan panas?

    Termokimia mencakup energi yang diambil atau dilepaskan oleh reaksi kimia. Kami mulai dengan diskusi tentang potensi dan energi kinetik, dan lanjutkan ke kalorimetri dan kapasitas panas spesifik. Hukum Hess salah satunya adalah perhentian logis berikutnya, bersama dengan standar pembentukan entalpi dan standar kondisinya.


  4. Spektroskopi

    Bertanya apa yang terjadi untuk masalah yang memancarkan radiasi?

    studi tentang penyerapan dan emisi cahaya dan radiasi lainnya oleh materi, yang terkait dengan ketergantungan proses ini pada panjang gelombang radiasi. Baru-baru ini, definisi tersebut telah diperluas untuk mencakup studi tentang interaksi antara partikel seperti elektron, proton, dan ion, serta interaksi mereka dengan partikel lain sebagai fungsi dari energi tumbukan mereka.

    Analisis spektroskopi sangat penting dalam pengembangan teori paling mendasar dalam fisika, termasuk mekanika kuantum, teori relativitas khusus dan umum, dan elektrodinamika kuantum. Spektroskopi, sebagaimana diterapkan pada tumbukan berenergi tinggi, telah menjadi alat utama dalam mengembangkan pemahaman ilmiah tidak hanya dari gaya elektromagnetik tetapi juga dari kekuatan nuklir yang kuat dan lemah.


  5. Kinetika kimia

    Bertanya seberapa cepat reaksi kimia berlangsung.

    cabang kimia fisik yang berkaitan dengan memahami tingkat reaksi kimia. Ini harus dibedakan dengan cabang ilmu kimia lainnya, yaitu termodinamika, yang berkaitan dengan arah waktu di mana suatu proses terjadi tetapi dalam tidak menyatakan tentang laju.



    Termodinamika adalah interval waktu, sedangkan kinetika kimia adalah waktu. Kinetika kimia berhubungan dengan banyak aspek kosmologi, geologi, biologi, teknik, dan bahkan psikologi dan dengan demikian memiliki implikasi yang luas. Prinsip-prinsip kinetika kimia berlaku untuk proses fisik murni maupun reaksi kimia.


Itulah penjelasan tentang Kimia Fisika sebagai pengenalan. Karena ini baru pengenalan belum berbicara tentang berbagai rumusan perhitungan masing - masing cabang Ilmu Kimia Fisika dan contoh - contoh. Dengan pengantar ini mudah - mudahan bisa cepat dikuasai berbagai soal mengenai materi ini, untuk apa, kenapa dan bagaimana mendapatkannya?


Semoga bermanfaat





Penulis:

Ahmad Hanafiah
CEO CTES









Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Jadwal Dan Kisi - Kisi UN / UNBK SMP Tahun Ajaran 2019 - 2020

Jadwal Dan Kisi - Kisi UN / UNBK SMP Tahun Ajaran 2019 - 2020


BSNP menjelaskan berdasarkan metode pelaksanaannya, Ujian Nasional (UN) dibagi dalam dua metode, yaitu UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). BSNP menyatakan perihal moda pelaksanaan ujian nasional ini, dikarenakan di tahun 2020 belum bisa mencapai angka 100 persen untuk melaksanakan UNBK.







Berikut Jadwal UNBK SMP berdasarkan surat edaran Nomor  0110/SDAR/BSNP/IX/2019, tanggal 24 September 2019, yang ditandatangani oleh Ketua BSNP, Abdul Mu’ti dan Sekretaris BSNP, Arifin Junaidi.


Di jenjang SMP, UNBK akan diselenggarakan pada


  1. Senin, 20 April 2020

    Bahasa Indonesia.


  2. Selasa, 21 April 2020

    Matematika.


  3. Rabu, 22 April 2020

    Bahasa Inggris.


  4. Kamis, 23 April 2020

    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


Untuk kisi - kisi UNBK SMP / MTs 2020 dapat di unduh di sini Kisi - kisi UNBK SMP/MTs 2020




Informasi lengkap surat edaran:



Jadwal Dan Kisi - Kisi UN / UNBK SMA Tahun Ajaran 2019 - 2020

Jadwal Dan Kisi - Kisi UN / UNBK SMA Tahun Ajaran 2019 - 2020


Informasi terkait UN dan UNBK, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis kisi-kisi UN ( Ujian Nasional) dan kisi-kisi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SLTA tahun pelajaran 2019/2020, Dan juga BSNP setelah sebelumnya mengumumkan jadwal resmi pelaksanaan UN tahun ajaran 2019/2020. Informasi resmi dapat dibaca di sini.






Merujuk pada surat edaran resmi BSNP dengan Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2019, Jadwal UN untuk jenjang SMA dan sederajat akan dilaksanakan dengan keterangan sebagai berikut:


1. Jadwal UNBK



  1. Senin, 30 Maret 2020:

    Bahasa Indonesia
    • Sesi 1: 07.30 – 09.30
    • Sesi 2: 10.30 – 12.30
    • Sesi 3: 14.00 – 16.00


  2. Selasa, 31 Maret 2020:

    Matematika
    • Sesi 1: 07.30 – 09.30
    • Sesi 2: 10.30 – 12.30
    • Sesi 3: 14.00 – 16.00


  3. Rabu, 1 April 2020:

    Bahasa Inggris
    • Sesi 1: 07.30 – 09.30
    • Sesi 2: 10.30 – 12.30
    • Sesi 3: 14.00 – 16.00


  4. Kamis, 2 April 2020: (Satu mata pelajaran jurusan diujikan )
    • Sesi 1: 07.30 – 09.30
    • Sesi 2: 10.30 – 12.30
    • Sesi 3: 14.00 – 16.00


Peserta UN pada SPK memilih satu mata pelajaran jurusan dari IPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan yang diujikan dalam UN



2. Kisi - kisi UN SMA



Kisi - kisi UN jenjang SMA disandarkan pada beberapa mata pelajaran yang diujikan untuk semua jurusan/peminatan, di antaranya adalah:


  1. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SMA 2019/2020. unduh
  2. Kisi-kisi UN Matematika SMA 2019/2020. unduh
  3. Kisi-kisi UN Bahasa Inggris SMA 2019/2020. unduh
  4. Kisi-kisi UN Biologi SMA 2019/2020. unduh
  5. Kisi-kisi UN Ekonomi SMA 2019/2020. unduh


Berdasarkan penjelasan BSNP, bahwa penyusunan kisi-kisi UN dan UNBK SMA tahun pelajaran 2019/2020 dibuat berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku dan diberlakukan panitia UN tingkat pusat.




Sebagai saran, dengan sudah dikeluarkannya kisi - kisi UN dan UNBK, Anda dapat mulai dari sekarang belajar berdasarkan kisi - kisi tersebut.


Demikian Info resmi dari BSNP terkait UN dan UNBK tahun 2019 - 2020.


Semoga bermanfaat

Saturday, 14 December 2019

Pengenalan Kimia Dasar Bagian II

Pengenalan Kimia Dasar Bagian II


Pengenalan Kimia Dasar bagian kedua ini, mulai masuk ke pointer inti hal ihwal tentang kimia, yaitu ikatan dan atau pelepasan molekul, elemen yang membentuk senyawa dan kombinasi ikatan dan pelepasan diantaranya yang diikat oleh hukum dasar kimia atau teori dasar kimia. Ada lima hukum dasar kombinasi Kimia, yaitu teori Lavoisier ( hukum konservasi massa ), teori Proust (law - Definite Proportions ), teori Dalton ( Law of Multiple Proportions ), Teori Lussac ( Law of Gaseous Volumes ), Avogadro ( Avogadro Law ). Kelima teori inilah yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan Ilmu kimia dari abad pertengahan hingga sekarang. Disini tidak akan membahas satu persatu dari kelima teori tersebut, karena itu berisi tentang sejarah tentang teori rumusan dan pembentukan elemen atom, molekul dan senyawa.






Terjun di dunia kimia khususnya bagi yang akan berkecimpung menerjuni profesi sebagai analis kimia, maka pendalaman tentang kimia dasar pada satuan - satuan dalam perhitungan bilangan kimia, teori pembentukan rumus bangun kimia ( empiris dan molekul sebagai pengantar rumus dan penamaan kimia ), persamaan reaksi kimia dan sifat setiap unsur atom dalam tabel periodik kimia. Yang nanti ini akan menentukan tingkat akurasi dan kemurnian hasil analisa di laboratorium.


Sekilas tentang konsep mol dan massa mol dalam standar internasional perhitungan atom dan molekul. Simbol mol diperkenalkan diperkenalkan sebagai kuantitas dasar ketujuh untuk jumlah zat lihat ini, bahwa ukuran satu mol adalah jumlah zat yang mengandung sebanyak partikel 12 g (atau 0,012 kg) dari isotop atom 12C. Namun hasil spektrometer massa, ditemukan masa ataom karbon sama dengan 1,992648 × 10-23 g. Maka untuk mengetahui satu mol karbon

          12 g/mol 12C
= ---------------------------------------------
   1.992648 x 10-23 g /12C atom

= 6.0221367 x 1023 atoms/mol


Kemudian dalam teori dasar pembentukkan kimia berdasarkan pada rumus bangun empiris dan rumus molekul. Rumus empiris merupakan rasio bilangan bulat yang paling sederhana dari berbagai atom yang ada dalam senyawa sedangkan rumus molekul menunjukkan jumlah pasti dari berbagai jenis atom yang ada dalam molekul senyawa. Jika massa persen dari berbagai unsur yang hadir dalam senyawa diketahui, rumus empiris dapat ditentukan. Rumus molekul lebih lanjut dapat diperoleh jika massa molar dikenal. Contoh berikut menggambarkan urutan pembentukkan rumus bangun empiris dan rumus molekul.


Sebuah senyawa mengandung 4% hidrogen, 25% karbon dan 71% klorin. Massa molar adalah 98,96 g. Apa rumus empiris dan molekul senyawa tersebut?

langkah 1.

Konversi massa persen menjadi gram. Karena kita memiliki massa persen, akan lebih mudah untuk menggunakan 100 g senyawa sebagai bahan awal. Dengan demikian, dalam 100 g sampel senyawa di atas, 4 g hidrogen hadir, 25 g karbon hadir dan 71 g klorin hadir.

Langkah ke 2.

Mengkonversi ke jumlah mol dari setiap elemen dengan cara massa yang diperoleh di atas oleh dibagi massa atom masing-masing elemen unsur tersebut. mAR H = 1; mAR C = 12; mAr Cl -35,5.

hidrogen = 4 gram/1 = 4 mol
karbon = 25 gram/12 = 2,008 mol
klorida = 71 gram/35,5 = 2 mol

Langkah ke 3.

Membagi nilai mol yang diperoleh di atas dengan angka terkecil sejak 2,008 adalah nilai terkecil, pembagian dengan itu memberikan rasio 2:1:1 untuk H : C: cl. Dalam hal rasio hasil pembagian tidak bilangan bulat, maka dikonversi terlebih dahulu menjadi bilangan bulat dengan mengalikan dan atau membagi dengan koefisien yang sama dan sama.

Langkah ke 4.

Menulis rumus empiris dengan menyebutkan angka setelah menulis simbol dari elemen masing-masing, dengan demikian, rumus empiris dari senyawa di atas adalah CH2Cl.

Langkah ke 5.

Menetukan rumus molekul, maka disini formula multi empiris pembentukan rumus bangunnya (CH2C)n, dengan rumus n :
        massa molar
n = ------------------------------
        masssa empirik


Formula massa empirik = (1 x 12) + (2 x 1) + (1 x 35,5) = 12 + 2 + 35,5 = 49,5 gram.

        98,6
n = ----------- = 1,99 = 2
        49,5

maka rumus bangunnya (CH2C)2 = C2H4Cl2





Berikutnya kita beranjak ke persamaaan kimia, dengan humum dasarnya adalah teori Stoichiometry. Teori ini berkaitan dengan perhitungan massa (kadang volume juga) dari reaktan dan produk yang terlibat dalam reaksi kimia. Sebelum memahami bagaimana menghitung jumlah reaktan yang diperlukan atau produk yang dihasilkan dalam reaksi kimia, mari kita pelajari informasi apa yang tersedia dari persamaan kimia yang setimbang dari reaksi yang diberikan. Mari kita lihat dalam sample pada pembakaran metana. Persamaan setimbang untuk reaksi ini adalah seperti yang diberikan di bawah ini:

CH4(g) + 2O2(g) -----> CO(g) + 2H2O(g)


Dari contoh di atas, antara reaktan yang disebelah kiri panah dengan produk yang dihasilkan yang ada disebelah kanan, jumlah masing - masing unsurnya sama antar C, H dan O. Perhitungan dalam persamaan reaksi kimia ini, sama seperti Anda diperkenalkan persamaan dalam matematika dengan bilangan koefisien dan exponen x, yang berbeda Anda diperkenalkan dengan variabel yang lebih luas lagi, bisa hurup dari A sampai Z. Karena rumus kimia ada di hurup A sampai dengan Z.


Dalam persamaan reaksi kimia, Menurut hukum konservasi massa, persamaan kimia seimbang memiliki jumlah yang sama atom masing-masing elemen di kedua sisi persamaan. Banyak persamaan kimia dapat diimbangi dengan proses trial and error. Mari kita mengambil reaksi dari beberapa logam dan non-logam dengan oksigen untuk memberikan oksida :

1.    4Fe(s) + 3O(g) -----> 2FeO(s) ===> persamaan seimbang
2.     Mg(s) + O(g) -----> 2MgO(s) ===> persamaan seimbang
3.     P4(s) + O2(g) -----> P4O10(s) ===> persamaan yang tidak seimbang


Untuk poin tiga persaman reaksinya tidak setimbang karena jumlah O reaktan dengan O produk tidak sama, maka harus dibuat persamaan reaksinya dengan menambahkan koefisien 5 pada O, hasilnya menjadi seperti ini:

P4(s) + 5O2(g) -----> P4O10(s)




Kemudian dalam kimia dikenal dengan reaksi dalam Larutan, dan sebagian besar reaksi di laboratorium dilakukan dalam larutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana jumlah substansi dinyatakan ketika hadir dalam bentuk larutan. Konsentrasi larutan atau jumlah substansi yang ada dalam volume dapat dinyatakan dalam salah satu cara berikut:

1. Massa persen atau berat persen (w/w%), adalah prosentasi masa hasil mas zat terlarut dengan masa larutan
2. Fraksi Mole, adalah rasio jumlah mol komponen tertentu untuk jumlah mol dari solusi
3. Molarity , unit yang paling banyak digunakan dan satuannya dilambangkan dengan M. Hal ini didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan
4. molality, didefinisikan sebagai jumlah mol yang terlarut dalam 1 kg pelarut. Satuan ini dilambangkan oleh m


Untuk pembahasan detailnya akan dibahas di Pengenalan Kimia Dasar III yang juga diisi dengan latihan soal - soal dan pembahasannya.


Semoga bermanfaat





Penulis:
Ahmad Hanafiah
CEO CTES








Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Friday, 13 December 2019

Pengenalan Kimia Dasar Bagian I

Pengenalan Kimia Dasar Bagian I



Disini bukan membahas Ilmu Kimia Dasar, tapi ini menjabarkan hal yang fundamental tentang kimia ke arah Ilmu Kimia Dasar dengan tujuan ketika masuk ke materi Kimia dasar akan lebih mudah di pahami dan lebih jauh adalah menghargai peran kimia dalam berbagai bidang kehidupan. Hal mendasar dalam mempelajari kimia adalah berkaitan dengan komposisi, struktur dan sifat materi. Ketiga aspek ini dapat dijelaskan dan dipahami dengan sangat jelas pada dasar kesepakatan materi, yaitu atom dan molekul. Itulah sebabnya mengapa kimia disebut ilmu atom dan molekul. Bisakah kita melihat, menimbang dan memahami entitas ini?





Apakah mungkin untuk menghitung jumlah atom dan molekul dalam massa tertentu materi dan memiliki hubungan kuantitatif antara massa dan jumlah partikel ini (atom dan molekul)?


Seberapa pentingkah Kimia dalam kehidupan?


Kami akan ingin menjawab beberapa pertanyaan tersebut dalam materi ini. Kami akan menjelaskan bagaimana sifat fisik materi dapat dijelaskan secara kuantitatif dengan menggunakan nilai numerik dengan unit yang sesuai..


Dalam dunia science atau sains atau ilmu pengetahuan, bahwa sains itu dapat dipandang sebagai upaya yang terus menerus untuk mensistematisasi pengetahuan agar dapat mendeskripsikan dan memahami alam dan sekitarnya. Maka demi kenyamanan dalam mempelajari sains, sub ilmu dibagi menjadi berbagai disiplin ilmu, yaitu fisika, kimia, biologi, geologi dll. Kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari komposisi, sifat dan interaksi materi. Para Kimiawan tertarik untuk mengetahui bagaimana transformasi kimia terjadi. Kimia memainkan peran sentral dalam ilmu pengetahuan dan sering terjalin dengan cabang lain ilmu seperti fisika, biologi, geologi dll. Kimia juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip kimia penting dalam berbagai bidang, seperti: pola cuaca, fungsi otak dan dalam pengoperasia komputer.


Dalam dunia industi banyak dijumpai industi kimia, seperti industri kimia pabrik pupuk, alkali, asam, garam, pewarna, polimer, obat-obatan, sabun, deterjen, logam, paduan dan bahan kimia anorganik dan organik lainnya, termasuk bahan baru, berkontribusi dalam besar dalam kegiatan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi baik secara nasional, regional maupun hubungan Internasional.


Kimia juga memainkan peranan penting dalam memenuhi kebutuhan manusia akan makanan, produk perawatan kesehatan dan bahan lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Ini adalah dicontohkan oleh produksi skala besar dari berbagai pupuk, peningkatan varietas pestisida dan insektisida. Demikian pula banyak obat-obatan yang menyelamatkan nyawa seperti cisplatin dan Taxol, yang efektif dalam terapi kanker dan AZT (Azidothymidine) digunakan untuk membantu korban AIDS, telah terisolasi dari sumber tanaman dan hewan atau disiapkan dengan metode sintetis.


Dengan pemahaman yang terus meningkat dan lebih baik dari prinsip kimia, sekarang menjadi mungkin untuk merancang dan mensintesis bahan baru yang memiliki sifat magnetik, listrik dan optik tertentu. Hal ini telah menyebabkan produksi keramik superkonduksi, melakukan polimer, serat optik dan miniaturisasi skala besar dari perangkat solid state. Dalam beberapa tahun terakhir kimia telah ditangani dengan tingkat keberhasilan yang adil beberapa aspek menekan degradasi lingkungan. Alternatif yang lebih aman untuk refrigeran yang berbahaya lingkungan seperti CFCs (chlorofluorocarbon), bertanggung jawab untuk penipisan ozon di stratosfer, telah berhasil disintesis.




Disisi lain dalam konstalating, banyak masalah besar dampak lingkungan dari kegiatan industri kimia yang terus menjadi menjadi masalah dan menjadi keprihatinan serius para kimiawan. Salah satu masalah tersebut adalah pengelolaan gas rumah kaca seperti metana, karbon dioksida dll. Namun dalam upaya memahami proses bio-kimia, penggunaan enzim untuk skala besar produksi bahan kimia dan sintesis bahan eksotis baru merupakan beberapa tantangan intelektual. semua itu bersumber pada satu muara yaitu materi dalam kimia.


Berbicara tentang materi, setiap materi memiliki massa dan menempati ruang, maka segala sesuatu yang ada di sekitar kita, misalnya, buku, pena, pensil, air, udara, semua makhluk hidup dll, terdiri dari materi. Anda pasti tahu bahwa materi itu memiliki massa dan mereka menempati ruang. Anda juga sadar bahwa materi dapat ada dalam tiga keadaan fisik yaitu padat, cair dan gas. Konsep dasar materi ketiga partikel tersebut, dalam cairan, partikel ini lebih rapat satu sama lain tetapi materi ini dapat bergerak di sekitar. Dalam gas, partikel yang terpisah jauh dibandingkan dengan yang dalam keadaan padat atau cair dan gerakan gas mudah dan cepat. Untuk susunan partikel tersebut, yang dapat menunjukkan perbedaan karakteristik ketiganya adalah:

(i) Padatan memiliki volume yang pasti dan bentuk yang pasti.
(ii) Cairan memiliki volume yang pasti tetapi tidak bentuk yang pasti. Mereka mengambil bentuk wadah di mana mereka ditempatkan.
(iii) Gas tidak memiliki volume yang pasti atau bentuk yang pasti. Mereka sepenuhnya menempati wadah di mana mereka ditempatkan.


Ketiga keadaan materi dalam transisi antar ubahan dengan mengubah kondisi suhu dan tekanan materi, yang dapat dilihat di bawah ini:




Dari gambar disana, pada pemanasan materi padatan biasanya perubahan menjadi cairan dan pada pemanasan cairan lebih lanjut perubahan ke keadaan gas (atau uap). Dalam proses sebaliknya, gas pada pendinginan akan cairan dingin , sedangkan cairan pada pendinginan lebih lanjut membeku. Pada tingkat makroskopik atau massal, ketiga keadaan materi tesebut dapat diklasifikasikan sebagai zat murni atau campuran. Banyak zat yang ada di sekeliling Anda adalah campuran. Misalnya, larutan gula dalam air, udara, teh dll, adalah semua campuran. Campuran mengandung dua atau lebih zat yang hadir di dalamnya (dalam rasio apapun) yang disebut komponennya.


Campuran mungkin homogen atau heterogen. Dalam campuran homogen, komponen sepenuhnya bercampur satu sama lain dan komposisi yang seragam di seluruh. Larutan gula, dan udara dengan demikian, contoh campuran homogen. Berbeda dengan ini, dalam campuran heterogen, komposisi tidak seragam di seluruh dan terkadang berbagai komponen dapat diamati. Sebagai contoh, campuran garam dan gula, biji-bijian dan pulsa bersama dengan beberapa kotoran (sering batu) potongan, adalah campuran heterogen. Anda dapat memikirkan lebih banyak contoh campuran yang Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bermanfaat untuk disebutkan di sini bahwa komponen campuran dapat dipisahkan dengan menggunakan metode fisik seperti filtrasi tangan sederhana, kristalisasi, destilasi, dll.


Komposisi adalah variabel. Tembaga, perak, emas, air, glukosa adalah beberapa contoh zat murni. Glukosa mengandung karbon, hidrogen dan oksigen dalam rasio tetap dan dengan demikian, seperti semua zat murni lainnya memiliki komposisi tetap. Juga, konseptual zat murni tidak dapat dipisahkan dengan metode fisik sederhana. Zat murni dapat lebih diklasifikasikan ke dalam elemen dan senyawa.




Sebuah elemen terdiri dari hanya satu jenis partikel. Partikel ini mungkin Atom atau molekul. Anda mungkin akrab dengan atom dan molekul yang diajarkan di sekolah di bangku SMP sebelumnya. Namun saat Anda terjun studi di jurusan kimia, Anda akan belajar tentang itu semua secara rinci terperinci. Contoh elemen dalam kimia adsalah Natrium, tembaga, perak, hidrogen, oksigen dll. Mereka semua mengandung atom dari satu jenis. Namun, atom yang memiliki elemen yang berbeda di alam. Beberapa unsur seperti natrium atau tembaga, mengandung satu atom yang disatukan sebagai partikel penyusunnya, sedangkan pada beberapa elemen lain, ada dua atau lebih atom digabungkan untuk memberi molekul elemen. Dengan demikian, hidrogen, nitrogen dan gas oksigen terdiri dari molekul di mana dua atom bergabung untuk saling memberikan molekul masing-masing. Ketika dua atau lebih atom elemen yang berbeda menggabungkan / saling mengikat, maka akan diperoleh molekul senyawa. Contoh beberapa senyawa adalah air, amonia, karbon dll.


Kembali ke awal pembahasan, jadi secara garis besar kimia itu berbicara ikatan, saling mengikat, saling berpasangan dengan faktor lain yang menentukan satu ikatan dan atau pelepasan. Dan nanti kita teruskan di bagian kedua materi tentang kimia.


Semoga bermanfaat






Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Thursday, 12 December 2019

Latihan Soal PAS IPA Kelas 9 Dan Jawaban (download)

Latihan Soal Dan Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 ( Download )



Latihan soal IPA PAS untuk kelas 9 semester 1 dengan jawabannya, dapat dibaca dan atau juga dapat diunduh dengan cara klik halaman soal --> klik tanda panah yang ada di sebelah kanan atas --> setelah terbuka halaman windows baru, klik tanda panah ke bawah yanga ada di sebelah kanan atas bar menu.









Jawaban Soal PAS IPA kelas 9 semester 1 dapat di unduh d sini;



Latihan Soal Dan Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 ( Download )

Latihan Soal Dan Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 ( Download )



Latihan soal IPA untuk kelas 8 semester 1 dengan jawabannya, dapat dibaca dan atau juga dapat diunduh dengan cara klik halaman soal --> klik tanda panah yang ada di sebelah kanan atas --> setelah terbuka halaman windows baru, klik tanda panah ke bawah yanga ada di sebelah kanan atas bar menu.






Pengenalan Termodinamika

Pengenalan Termodinamika



Termodinamika secara bahasa, ilmu yang mempelajari energi dan perpindahan panas. Jika kita tertarik pada bagaimana perpindahan panas diubah menjadi melakukan pekerjaan atau energi gerak, maka efisiensi distribusi dan transmisi energi menjadi sebuah prinsip energi menjadi penting. Dan Hukum termodinamika pertama menerapkan efisiensi prinsip energi.




Termodinamika prinsip energi pada satu sistem adalah perpindahan panas untuk melakukan pekerjaan. Metode ini adalah metode mentransfer energi ke dalam dan ke luar sistem. Hukum pertama termodinamika menyatakan bahwa perubahan energi internal suatu sistem sama dengan perpindahan panas netto ke dalam sistem, dikurangi kerja bersih yang dilakukan oleh sistem.


Dalam bentuk rumus persamaan hukum termodinamika pertama adalah :


ΔU = Q − W


Keterangan:



ΔU adalah perubahan energi internal U dari sistem.
Q adalah panas total yang ditransfer ke dalam sistem — yaitu, Q adalah jumlah dari semua perpindahan panas ke dalam dan keluar dari sistem.
W adalah pekerjaan bersih yang dilakukan oleh sistem — yaitu, W adalah jumlah dari semua pekerjaan yang dilakukan pada atau oleh sistem.


Berdasarkan ujicoba disini kami menggunakan konvensi untuk mudah diingat, yaitu sebagai berikut:


jika Q positif, maka ada transfer panas bersih ke sistem. jika W positif, maka ada kerja bersih yang dilakukan oleh sistem.

Jadi Q positif menambah energi ke sistem dan W positif mengambil energi dari sistem.



Pada rumus ΔU = Q - W. Dapat juga dibuat menjadi E = Q - W. Dan masing - masing satuannya dalam Joule atau m²kg/s². Karena setiap pergerakan atau usaha mengeluarkan energi atau panas, maka dalam rumusan tersebut selalu dikaitkan kalor, yaitu energi atau kalori yang dikeluarkan dari hasil perpindahan. Dan rumusan baku untuk satuan konversi kalori ke Joule adalah :


1 kalori = 4184 Joule



Perhatikan juga bahwa jika terjadi lebih banyak perpindahan panas ke sistem daripada pekerjaan atau usaha yang dilakukan, maka selisih atau perbedaannya disimpan sebagai energi internal. Contohnya : Mesin energi panas seperti ketel teh mendidih, mewakili energi yang bergerak. Air dalam ketel berubah menjadi uap air karena panas dipindahkan dari kompor ke ketel. Saat seluruh sistem semakin panas, pekerjaan dilakukan — mulai dari penguapan air hingga bunyi siulan.



Q Panas dan W Kerja



Perpindahan panas (Q) dan melakukan pekerjaan (W) adalah dua cara sehari-hari untuk membawa energi ke dalam atau mengeluarkan energi dari suatu sistem. Prosesnya sangat berbeda. Pada perpindahan panas (Q), proses yang kurang terorganisir, karena didorong oleh perbedaan suhu. Sedangkan Pekerjaan (W), proses yang cukup terorganisir, karena melibatkan kekuatan makroskopis yang diberikan melalui jarak.


Meskipun demikian, panas dan kerja dapat menghasilkan hasil yang identik. Misalnya, keduanya dapat menyebabkan peningkatan suhu. Perpindahan panas ke dalam suatu sistem, seperti ketika Matahari menghangatkan udara di ban sepeda, dapat meningkatkan suhunya, dan dengan demikian dapat dilakukan pada sistem, seperti ketika pengendara sepeda memompakan udara ke dalam ban. Setelah kenaikan suhu terjadi, tidak mungkin untuk mengetahui apakah itu disebabkan oleh perpindahan panas atau dengan melakukan pekerjaan. Ketidakpastian ini merupakan poin penting. Perpindahan panas dan kerja merupakan energi dalam proses kerja tidak ada yang disimpan dalam sistem. Namun, keduanya dapat mengubah energi internal suatu sistem. Energi internal adalah bentuk energi yang sepenuhnya berbeda dari panas atau kerja.



Energi Internal U



Kita dapat memikirkan energi internal suatu sistem dengan dua cara berbeda namun tetap konsisten. Yang pertama adalah pandangan atom dan molekuler, yang meneliti sistem pada skala atom dan molekuler.


Energi internal suatu sistem adalah jumlah energi kinetik dan potensial dari atom dan molekulnya. Ingatlah bahwa energi kinetik plus potensial disebut energi mekanik.




Jadi energi internal adalah jumlah energi mekanik atom dan molekul. Karena tidak mungkin untuk melacak semua atom dan molekul individu, kita harus berurusan dengan rata-rata dan distribusi perpindahannya.


Cara kedua untuk melihat energi internal suatu sistem adalah dari segi karakteristik makroskopiknya, yang sangat mirip dengan nilai rata-rata atom dan molekul.


Banyak percobaan terperinci telah memverifikasi bahwa ΔU = Q - W, di mana ΔU adalah perubahan total energi kinetik dan potensial dari semua atom dan molekul dalam suatu sistem. Juga telah ditentukan secara eksperimental bahwa energi internal suatu sistem hanya bergantung pada keadaan sistem dan bukan pada bagaimana ia mencapai keadaan itu.


Lebih khusus, U ditemukan sebagai fungsi dari beberapa jumlah makroskopis (tekanan, volume, dan suhu, misalnya), independen dari sejarah masa lalu seperti apakah telah terjadi perpindahan panas atau pekerjaan yang dilakukan. Kemandirian ini berarti bahwa jika kita mengetahui keadaan suatu sistem, kita dapat menghitung perubahan energi internal U dari beberapa variabel makroskopis.


Untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana memikirkan energi internal suatu sistem, mari kita periksa sistem yang beralih dari Negara 1 ke Negara 2. Sistem ini memiliki energi internal U1 di Negara 1, dan ia memiliki energi internal U2 di Negara 2, tidak peduli bagaimana keadaannya menjadi baik. Jadi perubahan energi internal dapat dirumuskan menjadi


ΔU = U2 - U1



Rumusan tersebut tidak tergantung pada apa yang menyebabkan perubahan. Dengan kata lain, ΔU tidak tergantung pada path. Yang kami maksud adalah metode mendapatkan dari titik awal ke titik akhir. Mengapa ketidakketergantungan atau indepensi ini penting?


Perhatikan bahwa ΔU = Q - W. Baik Q dan W ada pada path, tetapi ΔU tidak. Independensi jalur ini berarti bahwa energi internal U lebih mudah untuk ditentukan jumlahnya daripada perpindahan panas atau pekerjaan yang dilakukan.



Ringkasan



Hukum pertama termodinamika diberikan sebagai
ΔU = Q - W
di mana ΔU adalah perubahan energi internal suatu sistem, Q adalah perpindahan panas netto (jumlah semua perpindahan panas ke dalam dan keluar dari sistem), dan W adalah pekerjaan bersih yang dilakukan (jumlah semua pekerjaan yang dilakukan pada atau oleh sistem).
Baik Q dan W adalah energi dalam perjalanan;
hanya ΔU yang mewakili jumlah independen yang dapat disimpan. Energi internal suatu sistem hanya bergantung pada keadaan sistem dan bukan pada bagaimana ia mencapai keadaan itu.

Metabolisme organisme hidup, dan fotosintesis tanaman, adalah jenis khusus perpindahan panas, melakukan pekerjaan, dan energi internal sistem.


Tabel 1. Ringkasan Ketentuan untuk Hukum Termodinamika Pertama



ΔU = Q - W
Term Definition
U Energi internal — jumlah energi kinetik dan potensial dari atom dan molekul sistem. Dapat dibagi menjadi banyak sub kategori, seperti energi termal dan kimia. Bergantung hanya pada keadaan sistem (seperti P, V, dan T), bukan pada bagaimana energi masuk ke sistem.

Perubahan energi internal adalah jalur yang independen. Q Panas — energi yang ditransfer karena perbedaan suhu. Ditandai dengan gerakan molekul acak. Sangat tergantung pada jalur. Qentering suatu sistem adalah positif. Kerja — energi yang ditransfer oleh suatu kekuatan yang bergerak melalui suatu jarak. Proses yang teratur dan teratur. Ketergantungan jalan. W dilakukan oleh suatu sistem (baik melawan kekuatan eksternal atau untuk meningkatkan volume sistem) adalah positif.






Latihan Soal



  1. Berapa perubahan energi internal mobil jika Anda memasukkan 12,0 gal bensin ke dalam tangki? Kandungan energi bensin adalah 1,3 × 108 J / gal. Semua faktor lain, seperti suhu mobil, konstan?


  2. Berapa banyak perpindahan panas yang terjadi dari suatu sistem, jika energi internalnya turun 150 J ketika sedang melakukan 30,0 J pekerjaan?


  3. Suatu sistem bekerja 1,80 × 108 J sementara transfer panas 7.50 × 108J terjadi pada lingkungan. Berapa perubahan energi internal sistem dengan asumsi tidak ada perubahan lain (seperti suhu atau penambahan bahan bakar)?


  4. Berapa perubahan energi internal suatu sistem yang bekerja 4,50 × 105J sementara transfer panas 3,00 × 106 J terjadi ke dalam sistem, dan perpindahan panas 8,00 × 106J terjadi pada lingkungan?


  5. Misalkan seorang wanita melakukan pekerjaan 500 J dan transfer panas 9500 J terjadi dalam proses suhu ruangan.

    (a) Berapa penurunan energi internalnya, dengan asumsi tidak ada perubahan suhu atau konsumsi makanan?
    (Yaitu, tidak ada transfer energi lain.)

    (B) Berapa efisiensinya?


  6. Berapa banyak energi makanan yang akan dimetabolisme manusia dalam proses melakukan 35,0 kJ kerja dengan efisiensi 5,00%?


  7. Berapa banyak perpindahan panas yang terjadi pada lingkungan untuk menjaga suhunya konstan?


  8. (a) Berapa tingkat metabolisme rata-rata dalam watt seseorang yang memetabolisme 10.500 kJ energi makanan dalam satu hari?

    (b) Berapakah jumlah maksimum pekerjaan dalam joule yang dapat ia lakukan tanpa memecah lemak, dengan asumsi efisiensi maksimum 20,0%?

    (c) Bandingkan output karyanya dengan output harian motor 187-W (0,250-tenaga kuda).

  9. Berapa lama energi dalam secangkir yogurt 1470-kJ (350-kkal) bertahan pada seorang wanita yang melakukan pekerjaan pada kecepatan 150 W dengan efisiensi 20,0% (seperti dalam menaiki tangga santai)?


  10. Seorang wanita yang akan mendaki gunung makan dengan energi makanan 6,00 × 102 kJ. Jika efisiensinya 18,0%, berapa banyak perpindahan panas yang terjadi pada lingkungan untuk menjaga temperaturnya konstan?




Penulis:


Ahmad Hanafiah
CEO CTES











Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:
Ahmad Hanafiah
CEO CTES


DMCA.com Protection Status

Wednesday, 11 December 2019

Pengenalan Kimia Analisis

Pengenalan Kimia Analisis



Kimia Analisis adalah pengamatan, pemeriksaan satu objek atau sample secara kimia. Sedangkan Ilmunya, Ilmu Kimia Analisis adalah cabang Ilmu kimia untuk mengetahui kadar, struktur, komposisi sebuah sample / objek / analat menggunakan bahan kimia yang dilakukan dengan cara pengamatan, pengujian dan pengukuran dengan berbagai proses metode, yaitu metode pemisahan , pengujian identifikasi dan kuantifikasi.





1. Zat Kimia



Dalam ilmu kimia analisis, proses analisa satu zat kimia melalui reaksi kimia dengan zat kimia lainnya. Zat kimia berdasarkan komposisi pembentukan zat tersebut, dialam dibagi kedalam dua kelompk besar, yaitu zat tungal ( atom atau molekul ) dan zat campuran ( senyawa dan campuran). Dan berdasarkan partikel penyusunnya, dibagi kedalam tiga klasifikasi, yaitu unsur, senyawa dan campuran.


  1. Unsur

    Disebut juga sebagai zat tunggal, unsur adalah materi paling kecil yang tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih kecil. Unsur memiliki sifat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

    Partikel penyusun unsur adalah atom-atom yang sejenis. Misalnya, unsur hidrogen hanya tersusun atas atom hidrogen saja. Demikian pula dengan unsur karbon, hanya tersusun atas atom karbon saja.

    Di alam ini, terdapat 94 unsur yang bisa ditemukan secara alami. Sedangkan selebihnya adalah unsur yang dibuat atau disintesis oleh manusia. Jumlah total unsur yang diketahui hingga saat ini adalah 118 unsur.

    Unsur dapat dikategorikan menjadi 3 macam, yakni unsur logam, unsur non-logam, serta unsur semi logam (metaloid). Contoh unsur logam adalah besi (Fe), tembaga (Cu), seng (Zn), emas (Au), dan platina (Pt). Contoh unsur non-logam antara lain adalah hidrogen (H), karbon (C), oksigen (O), Brom (Br), dan iodium (I). Sedangkan contoh unsur metaloid adalah silikon (Si) dan Germanium (Ge).


  2. Senyawa

    Senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih yang terbentuk melalui reaksi kimia. Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa bisa dipisahkan ke unsur-unsur yang membentuk senyawa tersebut. Komposisi jumlah atom masing-masing unsur pembentuk dalam suatu senyawa dinotasikan dalam bentuk rumus kimia senyawa.

    Contoh perbedaan sifat unsur penyusun dengan senyawa adalah garam (NaCl). Natrium (Na) adalah unsur logam yang berwarna putih keperakan, berwujud logam lunak, dan sangat reaktif. Sedangkan klor (Cl) adalah unsur halogen berwujud gas berwarna kuning hijau pada suhu kamar. Klor dalam konsentrasi tinggi bisa beracun bagi semua makhluk hidup, dan pernah digunakan sebagai senjata kimia dalam Perang Dunia I. Akan tetapi senyawa NaCl, adalah garam yang setiap hari dikonsumsi oleh manusia.

    Senyawa tersusun atas komposisi atom unsur pembentuknya. Misalnya air atau , terbentuk dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen sehingga membentuk molekul air. Senyawa termasuk zat tunggal, sedangkan komposisi massa unsur-unsur penyusunnya bersifat tetap. Terdapat kurang lebih 10 juta senyawa di alam. Salah satu senyawa yang jumlahnya paling banyak di bumi adalah air.


  3. Campuran

    Campuran adalah kombinasi beberapa unsur atau senyawa yang tidak saling bereaksi sehingga tidak membentuk zat yang baru. Atau bisa diartikan tidak terjadi reaksi kimia dalam terbentuknya campuran. Bisa diartikan juga bahwa campuran masih membawa sifat masing-masing materi yang menyusunnya.

    Terdapat 2 macam campuran yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

    1. Campuran homogen

      adalah campuran yang partikel-partikel penyusunnya tidak dapat dibedakan lagi. Contohnya adalah larutan gula atau larutan garam. Gula atau garam tidak bereaksi dengan air yang menjadi pelarutnya, tetapi sekadar bercampur. Ketika sudah bercampur, tidak bisa dibedakan lagi mana garam dan mana air, atau gula dan airnya.


    2. Campuran heterogen

      adalah kombinasi dua macamm zat atau lebih yang masing-masingnya masih dapat dibedakan satu dengan yang lain. Contohnya adalah air laut, lumpur, adonan roti, adonan cor beton, air sungai, dan sebagainya.


2. Tahapan Pemeriksaan



Dan dalam analisa kimia, ketika mengumpulkan sekelompok benda/sample/analat berdasarkan sifatnya, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :


-Mengamati karakteristik zat tersebut
-Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing - masing
-memasukkan zat yg memiliki persamaan sifat ke dalam satu kelompok
-memberi nama yang sesuai pada tiap kelompok zat tersebut.





Tahapan pemeriksaan / analisa dalam kimia analisis


  1. Sampling
  2. Persiapan sampling ( sample preparation )
  3. Pengukuran ( pengamatan dan pengujian skala laboratorium )
  4. Perhitungan dan interprestasi data


3. Pengujian Data Analisa



Dalam kimia analisis, pemeriksaan analisa kimia untuk mengetahui hasil data sample dibagi kedalam dua metode anlaisa:


  1. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendapatkan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel.


  2. Analisis kuantitatif menentukan jumlah komponen tertentu dalam suatu zat.


4. Tujuan dan Fungsi



Tujuan dilakukan kimia analisis adalah untuk mengetahui keberadaan materi / zat dalam sample


Fungsi Kimia Analisis:


  1. Untuk menguji sampel zat.
  2. Untuk mengukur penyerapan cahaya dari substansi.
  3. Mengukur penyerapan dan bentuk emisi lain dari radiasi elektromagnetik.
  4. Untuk mengamati bagaimana sampel merespon sinyal-sinyal listrik.
  5. Untuk mengidentifikasi senyawa dengan mengukur massa ( jumlah materi ) dari bagian-bagian yang berbeda dari molekul


5. Metode Analisa



  1. Analisa Kualitatif

    Analisa kualitatif yaitu dapat menentukan ada atau tidaknya sebuah senyawa, namun tidak massa atau juga konsentrasinya. Analisa kualitatif tersebut tidak menghitung jumlah.


  2.  
  3. Analisa Gravimetri

    Analisa gravimetrik yaitu yang bisa menentukan massa dari suatu analit dengan menimbang sebuah sampel sebelum dan/atau setelah mengalami beberapa kali perubahan.
  4.  



  5. Analisa Volumetri

    Pada titrasi tersebut terdapat penambahan reaktan ke dalam larutan yang sedang dianalisa sampai titik ekivalen tercapai.

    Jenis yang paling umum ialah titrasi analat asam - basa yang menggunakan berbagai macam indikator yang menunjukkan perubahan warna.

    Terdapat beberapa macam titrasi, misalnya pada titrasi potensiometri. Tipe indikator yang digunakan tersebut berbeda-beda untuk dapat tercapainya titik ekivalen.


  6. Kromatografi

    Kromatografi ialah salah satu teknik untuk memisahkan campuran menjadi komponennya dengan bantuan perbedaan sifat fisik masing-masing komponen. Alat yang digunakan terdiri atas kolom yang di dalamnya diisikan fasa stasioner ( padatan atau cairan ).


  7. Spektrofotometri

    Spektrofotometri yakni salah satu metode dalam kimia analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel baik secara kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada interaksi antara materi dengan cahaya. Peralatan yang digunakan dalam spektrofotometri disebut spektrofotometer.


  8.  
  9. Thermal

    Analisis termal dalam pengertian luas adalah pengukuran sifat kimia fisika bahan sebagai fungsi suhu. Penetapan dengan metode ini dapat memberikan informasi pada kesempurnaan kristal, polimorfisma, titik lebur, sublimasi, transisi kaca, dedrasi, penguapan, pirolisis, interaksi padat-padat dan kemurnian.




Penulis:


Ahmad Hanafiah
CEO CTES








Kami adalah bimbingan belajar yang berfokus pada exacta, dan dapat membantu cara menyelesaikan soal diatas dengan cepat simple dan akurat. Anda bisa mengunjungi website kami https://www.elog-bimbel.id/ jika berminat untuk bergabung.





Dilindungi oleh:


DMCA.com Protection Status

Tuesday, 10 December 2019

Seberapa Pentingkah Tes IQ

Seberapa Pentingkah Tes IQ



Apa itu IQ?


IQ adalah singkatan dari Intelligence quotient (IQ) adalah ukuran terkait usia kecerdasan dan didefinisikan sebagai 100 kali usia mental. Dan kata ‘quotient’ berarti hasil membagi satu kuantitas oleh yang lain, dan kecerdasan dapat didefinisikan sebagai kemampuan mental atau kecepatan pikiran.



Lalu apa hubungannya dengan itu Tes IQ?


Tes IQ disebut juga dengan tes kecerdasan, yang didefinisikan sebagai berikut, yaitu tes dengan berbagai model dengan tujuan untuk mengukur kecerdasan. Secara umum materi dalam tes terdiri dari seri bertingkat tugas, masing-masing yang telah distandarisasi menurut metode penilaian dengan menggunakan nilai terbesar dengan representatif populasi individu. Dalam prosedurnya menetapkan IQ rata-rata sebagai 100. Dalam kesadaran umum dipercaya bahwa peringkat IQ seseorang adalah turun temurun dan tingkat perkembangan usia mental seseorang akan tetap konstan hingga sekitar usia 13 tahun, kemudian setelah itu melambat. Dan di atas usia 18 tahun tidak ada perbaikan yang ditemukan.


Atas dasar itu sering ditemukan kegiatan test IQ yang sasaranya anak - anak. Tes IQ anak - anak merupakan tes yang mengukur IQ anak yang distandarisasi dengan skor nilai. Dan skor rata-rata direkam untuk setiap kelompok umur. perhitungan penilaiannya sebagai contoh pada anak usia 10 tahun yang nilai hasilnya diharapkan pada usia anak 12 akan memiliki IQ 120,maka perhitungannya sebagai berikut:


Rumusannya adalah :


=( mental umur / usia kronologis ) x 100


= (12/10) 100 = 120


Dan dalam perjalanannnya Selama 25-30 tahun terakhir pengujian IQ juga telah digunakan secara luas oleh Perusahaan dalam rekruitment karyawan baru, hal ini karena kebutuhan mereka untuk memastikan bahwa mereka menempatkan orang yang tepat sejak awal. Salah satu alasan utama untuk ini di dunia semakin ketat persaingan bisnis saat ini, perlu bagi Perusahaan melakukan perampingan biaya. Dan dilakukan oleh Perusahaan dengan pemotongan biaya. Dan anggaran yang rendah adalah biaya kesalahan yang tinggi dalam menggunakan yang salah orang untuk suatu pekerjaan, termasuk biaya membaca ulang dan mewawancarai pelamar baru dan investasi kembali dalam pelatihan.


Lalu bagaiman bagi pelamar kerja agar kemampuan IQ-nya dapat tembus dalam tes IQ yang dilakukan Perusahaan?


Karena IQ adalah keturunan, tidak mungkin untuk meningkatkan IQ Anda. Meskipun demikian, yang mungkin bisa dilakukan adalah meningkatkan kinerja Anda dalam tes IQ dengan mempraktikkan berbagai jenis pertanyaan dan dengan belajar mengenali tema yang berulang, dengan kata lain sering latian soal tes IQ. Dan Anda dapat mengikuti berbagai tes IQ yang diselenggarakan oleh praktisi untuk membantu mengukur tingkat pencapaian aktual darites IQ Anda.


Jadi seberapa pentingkah tes IQ?


Dari uraian diatas, tes IQ dapat dikatakan cukup penting bagi Anda yang akan memasuki dunia kerja, bahkan masuk perguruan tinggi pun sekarang dimasukkan sebagai bagian dari tes seleksi mahasiswa baru.


Dan kami siap melayani Anda untuk melakukan pengujian level IQ, anda dapat mengunjungi situs kami untuk melakukan kontak pesan, di https://www.elog-bimbel.id


Semoga bermanfaat









DMCA.com Protection Status